Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

‘Walk Out’ di Batubara…*

0 823

Selamat pagi…

Rasa-rasanya.. gak cuman Ahok yang walk out ketika diundang rapat oleh KPU kapan hari.

Ini…. saya terpaksa ikutan walk out di saham-saham batubara.

Jadi begini… tahun kemarin… semenjak bulan Agustus .. harga batubara naik tinggi setelah Pemerintah China melakukan penutupan tambang batubara.  Pemerintah China berusaha memperbaiki kondisi pertambangan batubara dengan menutup tambang-tambang batubara yang dimiliki oleh Pemerintah.  Harga batubara kemudian bergerak naik, dan sempat mencapai titik tertinggi di level US$114 di pasar spot.

Nah.. kemarin… tanggal 8-9 Maret.. mulai muncul berita-berita bahwa Pemerintah China akan menggunakan ‘cara yang lebih lunak’ untuk mengurangi suplai batubara di pasaran.  Mereka yang dibulan Februari kemarin terlihat masih tegas dalam melakukan penutupan batubara, terlihat mulai melunak dengan ‘menyerahkan masalah penutupan tambang batubara ke tangan pemerintah daerah‘.  Katanya sih… sampai ‘sampai harga yang dirasakan menarik’.  Tapi.. itu harga menarik di harga berapa kan kita tidak tahu.  Spekulasinya sih.. ‘harga menarik’ ini masih diatas US$70 .. which is itu bagus, mengingat bahwa harga produksi batubara sekarang kan di sekitar level US$ 57 – US$60.  Akan tetapi… sebaiknya kita menunggu berita yang jelas dulu.  Takutnya kalau ‘harga yang menarik’ ini nanti jadinya terlalu rendah.

So… alasan mengapa harga batubara mengalami booming di tahun lalu, sudah di’batal’kan oleh Pemerintah China. Itu yang membuat saya… untuk sementara… mengurangi minat terhadap saham-saham batubara.  Kalau posisi trading dalam jumlah kecil… bisa jadi tetap ada.  Tapi.. sepertinya.. kedepan.. saya akan lebih cenderung ‘hit and run’ daripada posisi buy and hold.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.