Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Signal Pagi untuk 31 Mei 2017*

2 651

Selamat pagi…

Selain fokus pada Stock Universe dalam Rencana Trading yang saya miliki, saya sebenarnya juga menggunakan stock screen (saringan dari saham-saham yang kami gunakan dengan menggunakan kriteria tertentu).  Stock Screen ini dibuat dengan melihat posisi terakhir harga saham, dengan candlestick sehari sebelumnya dari pergerakan harga.

Pada stock screen ini, saya hanya menunjukkan saham mana yang memberikan signal positif dan signal negatif.  Saham dengan signal positif adalah saham yang sedang berada dalam trend turun, akan tetapi posisi harga terakhirnya sudah diatas resisten pertama pergerakan harga sehari sebelumnya.  Saham dengan signal negatif adalah saham dengan kondisi sebaliknya, saham yang sedang berada dalam trend turun, tapi posisi harga terakhirnya diatas resisten pertamanya.

Tabel tersebut hanya merupakan referensi. Saya tidak serta merta melakukan posisi beli dan posisi jual berdasarkan  atau sejalan signal positif atau signal negatif tersebut.  Bisa saja saya mengambil posisi yang berlawanan atau contrarian, terhadap signal positif dan signal negatif tersebut, seperti Sell On Strength pada saham yang memiliki signal positif, atau Buy On Weakness pada saham yang memiliki signal negatif.  Akan tetapi… untuk saham-saham yang ada pada tabel dibawah ini, sebaiknya anda cek juga di chart anda.  Siapa tahu memang menarik.

Sebagai Disclaimer, saya ingin kembali menekankan bahwa transaksi di pasar modal memiliki resiko kerugian.  Setiap posisi beli atau posisi jual yang anda masing-masing lakukan, adalah tanggung jawab anda sendiri.  Saya tidak bertanggung jawab atas kerugian yang anda lakukan, seperti saya tidak akan melakukan klaim atas keuntungan yang anda hasilkan.

Tabel berikut adalah saham-saham yang masuk stock screen saya pada tanggal 31 Mei 2017, berdasarkan posisi harga penutupan 30 Mei 2017.

Untuk signal positif … sepertinya masih didominasi saham-saham pertambangan batubara lapis kedua.  Harga batubara semalam naik tipis 25 sen jadi US$74.1 per ton.  Masalahnya: itu harga batubara trend jangka pendeknya masih trend turun.. belum mampu menembus resisten pertama di US$74.80 per ton.  Dengan Dow turun.. dan IHSG cenderung negatif. Posisi Buy on Weakness (BOW) lebih saya sarankan sambil melihat keadaan.

Untuk saham dengan signal negatif… kemarin saham-saham blue chip terlihat banyak yang memberikan signal negatif.  Rekomendasinya sepertinya lebih ke arah ‘take profit’.  Atau.. kalau mau BOW di Retracement 50% .. silakan saja.  Yang jelas.. kalau saya.. lihat suport di 5.670.  Kalau suport itu gagal bertahan… saya hanya cari posisi ketika IHSG testing suport 5.577.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. zul says

    thx atas semua info/ilmu yg sy dpt dari blog pak utomo,barakallah

    1. rencanatrading says

      Semoga Pak Zul juga dapet cuan tradingnya.. 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.