IHSGnya memang sudah trend turun…*

1,028

Selamat pagi…

Semalam.. saya lihat chart IHSG.  Saya baru sadar bahwa semenjak signal negatif di hari Selasa minggu lalu, IHSG sudah berada dalam trend turun jangka pendek.  Di hari Jumat kemarin… IHSG malah sudah menembus suport penting di 5.693, bahkan sudah new low dibawah suport 5.672.  IHSG… sepertinya .. sudah memasuki masa konsolidasi untuk trend jangka menengah, dengan potensi untuk testing suport penting di level 5.577.

Saya baru sadarnya belakangan… karena minggu lalu saya masih asyik dengan harga batubara yang terus bergerak naik.  Hari Jumat, harga batubara turun tipis 0,5 persen.  Belum ada signal negatif sih.  Tapi tetap saja : harga batubara turun, padahal hari Jumat kemarin ADRO dan UNTR terlihat mulai bikin signal negatif, harga saham batubara cenderung mulai tertekan.

Indeks Dow Jones Industrial masih naik 0,42 persen? Menembus resisten, membuat rekor baru? Eh… jangan salah.. lihat itu Nasdaq turun 1,8 persen.  Nasdaq kan tutup setelah Dow Jones.  Saya agak khawatir sentimen Asia pagi ini cenderung negatif.

So…  hari Jumat kemarin, saya exit posisi.  Full cash.  Dengan IHSG cenderung turun, saya sih masih melihat ada peluang untuk posisi trading.  Cuman.. saya akan ekstra hati-hati karena IHSG sepertinya sudah ‘yakin bener’ trend turunnya.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.