Signal Pagi untuk 12 Juni 2017*

809

Selamat pagi…

Selain fokus pada Stock Universe dalam Rencana Trading yang saya miliki, saya sebenarnya juga menggunakan stock screen (saringan dari saham-saham yang kami gunakan dengan menggunakan kriteria tertentu).  Stock Screen ini dibuat dengan melihat posisi terakhir harga saham, dengan candlestick sehari sebelumnya dari pergerakan harga.

Pada stock screen ini, saya hanya menunjukkan saham mana yang memberikan signal positif dan signal negatif.  Saham dengan signal positif adalah saham yang sedang berada dalam trend turun, akan tetapi posisi harga terakhirnya sudah diatas resisten pertama pergerakan harga sehari sebelumnya.  Saham dengan signal negatif adalah saham dengan kondisi sebaliknya, saham yang sedang berada dalam trend turun, tapi posisi harga terakhirnya diatas resisten pertamanya.

Tabel tersebut hanya merupakan referensi. Saya tidak serta merta melakukan posisi beli dan posisi jual berdasarkan  atau sejalan signal positif atau signal negatif tersebut.  Bisa saja saya mengambil posisi yang berlawanan atau contrarian, terhadap signal positif dan signal negatif tersebut, seperti Sell On Strength pada saham yang memiliki signal positif, atau Buy On Weakness pada saham yang memiliki signal negatif.  Akan tetapi… untuk saham-saham yang ada pada tabel dibawah ini, sebaiknya anda cek juga di chart anda.  Siapa tahu memang menarik.

Sebagai Disclaimer, saya ingin kembali menekankan bahwa transaksi di pasar modal memiliki resiko kerugian.  Setiap posisi beli atau posisi jual yang anda masing-masing lakukan, adalah tanggung jawab anda sendiri.  Saya tidak bertanggung jawab atas kerugian yang anda lakukan, seperti saya tidak akan melakukan klaim atas keuntungan yang anda hasilkan.

Tabel berikut adalah saham-saham yang masuk stock screen saya pada tanggal 12 Juni 2017, berdasarkan posisi harga penutupan 9 Juni 2017.

Dari tabeli diatas bisa kita lihat beberapa poin:

  • Signal negatif pada BBCA dan BBRI menunjukkan bahwa trend turun yang nampak pada IHSG memang di dorong oleh koreksi dari saham-saham perbankan selaku penggerak utama IHSG.
  • Signal negatif pada UNTR dan ADRO memperlihatkan bahwa aksi profit taking juga mulai terlihat pada saham-saham pertambangan batubara yang pada seminggu terakhir menjadi penggerak IHSG.
  • Signal positif pada TLKM dan SMGR memperlihatkan bahwa pasar berusaha menetralisir signal negatif dengan pergerakan kedua saham ini.  Akan tetapi.. usaha tersebut terlihat kurang begitu berhasil.

So… IHSG sedang trend turun.  Saham-saham penggerak IHSG dan penggerak sentimen juga terlihat mulai muncul aksi profit taking atau bahkan tekanan jual.  Saya sih sudah exit posisi sejak Jumat siang kemarin.  Kedepan.. kalaupun ada posisi… sepertinya hanya cenderung posisi trading.  Untuk akumulasi posisi jangka menengah, sepertinya saya akan menunggu sampai IHSG mendekati kisaran suport 5.577.  Artinya : saya bakal cenderung wait and see sampai IHSG dibawah 5.600 … atau sampai terlihat adanya signal positif pada IHSG.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.