Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Hari ‘Normal’ Terakhir Sebelum Libur Lebaran…*

821

Selamat pagi…

Hari ini hari Rabu.  Besok adalah hari terakhir sebelum libur Lebaran.  Setelah itu, kita akan libur Lebaran dari Jumat.. hingga seminggu kedepannya.  Market baru akan buka lagi tanggal 3 Juli 2017.  Hehehe.. lama banget.

Dengan liburan yang sepanjang itu… orang pasti akan berhati-hati.  Terutama… kalau melihat kondisi dari bursa global.. Dow sedang rekor terus.. tapi sepertinya ada resisten di 21.650 deh.. sudah tidak jauh lagi.  Yang jelek adalah harga minyak WTI yang semalam ditutup dibawah level psikologis US$45.  Itu ada H&S dengan target di kisaran US$ 30 – US$35.  Meski ada suport kuat di kisaran US$41 – US$42 … sepertinya saya tetap akan berhati-hati pada saham komoditas.

IHSG … sejauh ini masih bisa bertahan diatas suport pertama di level 5.770.  IHSG sedang berada dalam trend naik jangka pendek dengan potensi kenaikan hingga kisaran 5.850 – 5.860.  Hanya penutupan dibawah suport 5.770 yang akan mengembalikan IHSG pada trend turun jangka pendek.

Dengan liburan yang begitu panjang… pada prakteknya.. hari ini.. sepertinya adalah hari terakhir dimana market berjalan normal.  Pada perdagangan besok, sepertinya risk averse bakal kembali melakukan tekanan jual, terutama dengan kondisi dari bursa regional yang terlihat tidak terlalu jelas.  Hari ini saja.. net sell asing terlihat sudah mulai membengkak.    Jika anda mau melakukan posisi beli.. sebaiknya lebih berhati-hati.

Pagi tadi.. saya melakukan beberapa kesalaham posisi.  Sepertinya gak bisa maksimal ini THRnya.  Tapi setidaknya, alhamdulillah sudah ada tambahan sedikit.. daripada tidak sama sekali.

So… hari ini.. saya cenderung sell on strength untuk posisi trading.  Posisi beli.. sepertinya hanya saya mau saya lakukan kalau bisa dapet ‘harga ajaib yang jauh dibawah’.  Kalau enggak.. ya sudah.. saya gak mau buru-buru.  Posisi yang terlalu besar ketika liburan panjang… hanya mengurangi nikmat dari liburan panjang itu sendiri.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave A Reply

Your email address will not be published.