Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Mau nahan posisi saham selama Liburan Lebaran? Ini lawan Anda…*

1,156

Selamat pagi…

Besok.. market kita sudah memasuki masa Libur Lebaran.  Itu artinya: hari ini adalah hari terakhir perdagangan di Bursa Efek Indonesia sebelum memasuki masa Libur Lebaran.  Market baru buka lagi nanti tanggal 3 Juli, 10 hari perdagangan lagi.

Ketika pasar modal menghadapi liburan panjang seperti ini… pertanyaannya selalu sama : beranikah kita melakukan posisi ‘buy and hold’ ketika liburan panjang sedang berlangsung? Ingat loh… kita mungkin libur.  Akan tetapi, bursa global, pasar global, bursa komoditas global, semua masih buka.  Itu artinya : ketika kita hold posisi saat liburan panjang, kita terekspose oleh resiko bursa global.

Memang.. kalau melihat IHSG kemarin, pasar kita terlihat immun atau tidak terpengaruh dengan pergerakan regional Asia, karena market terlihat ‘dijagain oleh fund lokal’.  Gile aje : itu net sell asing di pasar reguler bisa mencapai Rp 967,79 miliar, hampir Rp 1 trilyun.  IHSG masih bergerak naik?

Hehehe.. yang lucu: posisi aliran dana asing di total market, ternyata malah Net Buy Rp 194 miliar.  Ada crossing PPRO.  Saya bilang sih : jangan mau ditololin ‘pakai’ berita normal.  Kita tahu lah .. realitanya seperti apa.

Kembali ke bursa global.  Bagaimana sih posisi terakhir dari bursa global?

  • Dow Jones Industrial : Semalam signalnya gak bagus.  Tapi… dua signal gak bagus terakhir, semuanya palsu.

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam bergerak turun.  Gak banyak sih.. cuman 57,11 poin (-0,27 persen).  Akan tetapi.. dengan koreksi tersebut, indeks DJI signalnya sudah tidak bagus.  Closing di level 21.410,03, itu berarti closing dibawah batas atas gap 21.384 – 21.436.  Gak terlalu bagus.

Eh.. cuman… ini juga belum tentu bearish.  Sebabnya.. dua signal bearish terakhir pada DJI (lihat candle yang dilingkari) semua adalah signal palsu.  Jadi ini belum tentu bearish juga.

  • Harga minyak : iya kalau bullish? kalau bearish?

Problem sebenarnya ada di harga minyak WTI.

Kalau kita melihat harga minyak WTI pada gambar dibawah ini… kita bisa melihat bahwa meski harga minyak bergerak turun, suport dari harga minyak WTI sebenarnya sudah dekat, cuman sampai US$ 41 – US$ 42.  Dengan harga minyak WTI terakhir berada di sekitar level US$ 42,6 .. potensi koreksi dari harga minyak WTI sebenarnya sudah terbatas.

Itu … kalau kita mau ngomong bullish.  Eh.. akan tetapi.. view bullish seperti itu.. bukan satu-satunya view dari harga minyak WTI.  Kalau kita lihat chart harga minyak WTI untuk periode yang lebih panjang… kita bisa melihat bahwa ketika bergerak turun menembus suport di level US$44, harga minyak WTI berarti telah menembus suport dari pola Head and Shoulder yang sudah terbentuk

Head and shoulder pattern itu… potensi koreksinya hingga US 32,5.  Dengan potensi koreksi sebesar 20%- 25% ini… kalau benar minyak bisa turun sampai US$ 10 .. apa iya marketnya Amerika gak kenapa-kenapa?

IHSG sih masih berada dalam trend naik dengan potensi kenaikan sampai kisaran 5.850 – 5.860.  Suport IHSG hari ini di level 5.790.  Potensi kenaikan IHSG memang ada, tapi agak terbatas.. gak lebih dari 50 poin.  Akan tetapi… IHSG masih berada dalam trend naik jangka pendek.  Kalau ditutup dibawah level tersebut, baru signal IHSG jelek.

So… anda mau hold posisi selama Libur Lebaran? Saya sih gak terlalu antusias.  Kalaupun ada posisi.. pasti itu dapetnya di harga ‘ajaib’, harga antrian nun jauh dibawah.

Posisi trading? Hehehe.. marketnya sih ada yang jagain.  Sepertinya.. ‘penjaga’ ini berpendapat bahwa ‘menjaga’ market sekarang lebih mudah jika dibandingkan dengan ‘menjaga nanti setelah liburan’ jika ternyata regional memang jelek.  Jadi selama kita bisa memanfaatkan posisi dari ‘penjaga’ ini.. posisi trading memang menarik untuk dilakukan.  Cuman.. kapau pake strategi ini.. saya hanya bilang : hati-hati…JEBAKAN KAMPRET!

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.