Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Pasca Libur Lebaran…*

639

Selamat pagi…

Sudahkah anda melihat kondisi terakhir dari Variabel Pasar? Variabel pasar (market variables) adalah variabel-variabel diluar pasar modal kita yang bisa saja mempengaruhi pergerakan harga.  Variabel pasar ini seperti harga komoditas, kondisi bursa global, dan harga saham TLK yang diperdagangkan di luar negeri.

Tabel diatas adalah market variables yang saya amati.  Variabel terpenting.. yaitu indeks Dow Jones… relatif tidak berubah.  Turun, tapi cuman tipis 0,28 persen… sehingga .. meski sentimennya agak negatif (ADR saham TLKM juga turun tipis 0,38 persen), sentimen negatifnya tidak akan terlalu menekan pergerakan IHSG.

Kalau mau ngomong bagus… itu harga minyak WTI naik 8,25 persen.  Harga Nickel juga naik 4,46 persen.  Disisi lain…  harga batubara turun 5,37 persen … dan harga CPO tuh.. hehehe.. turun 10,48 persen.

Yang paling penting sebenarnya Dow yang cuman flat.  Dengan cuman flat … IHSG hari ini sepertinya juga juga akan flat .. 5.804 – 5.860.  Rekor IHSG di 5.874 akan menjadi resisten kedua.  IHSG terakhir berada dalam trend naik jangka pendek.  Hanya penutupan dibawah suport 5.804 yang bakal jadi signal negatif.

Chart terbaik di saham Big Caps? BBRI.  Break resisten triangle.  Silakan cek target harganya.

Chart terburuk Big Caps? GGRM.  Di akhir perdagangan sebelum lebaran, ditutup dibawah S1.

Chart paling menarik Big Caps? Lihat TLKM tuh… itu memang trend naik.. tapi kalau hari ini tembus suport… sepertinya ada potensi H&S.  Baru potensi doang siy.. tapi tetap saja agak ‘ngeri-ngeri gimana’ gitu.  Hehehe.

Oh iya.. kita juga belum tahu.. itu yang jagain market sebelum Lebaran masih jagain market juga atau enggak.

So.. hari ini.. saya posisi kosong.  Dengan IHSG dekat rekor… Dow trend turun.. coal turun banyak .. saya akan agak berhati-hati.  Kalaupun ada posisi trading.. saya ikutan komo yang harganya naik.  Untuk komo yang harganya turun… saya hanya akan antri di harga agak jauhan.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.