Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

10.25*

567

Selamat pagi…

Bagaimana… setelah market pertama setelah liburan kemarin yang ditutup di level 5.910,24 … apakah kita mau bullish? apakah IHSG mau 6.000? ataukah mau lebih tinggi dari itu?

Kalau kita mau bullish.. hari ini adalah ujiannya.  Bukannya melanjutkan naik mengikuti Dow Jones Industrial yang semalam bergerak naik… hari ini IHSG malah terkoreksi.  Bukannya melaju ke resisten di level psikologis 6.000 .. IHSG malah menguji suport di rekor lama 5.874.  Dana asing yang kemarin mengalir masuk sebesar Rp 480 miliar.. hingga siang hari ini malah berbalik net sell sebesarRp 209 miliar (hingga jam 11.00).  Asing yang kemarin beli, hari ini sepertinya kembali exit posisi.  Saham-saham yang kemarin menjadi penggerak IHSG, hari ini malah menguji suport.

Semua sepertinya dipicu oleh GGRM yang ex deviden.  BBRI, BMRI, semua ikutan testing suport.  Saham-saham sektor konstruksi sebenarnya testing resisten.  Akan tetapi.. saham-saham ini sering kali membuat false break.  Jadi galau mau ambil.  Hanya PTPP yang punya target atas.  ELSA mulai running diatas resisten.  Apakah pertanda kalau minyak related mau rally? MEDC masih tertahan oleh mereka yang tiga hari terakhir melakukan posisi jual.

Sejauh ini.. baik IHSG maupun saham-saham tersebut masih bertahan diatas suport.

Nanti malam.. Dow Libur 4 Juli.

Pertanyaannya sekarang : Apakah kita masih bullish? apakah IHSG masih bisa 6.000?

Saya sih cenderung ‘trend follower’.  IHSG berak high kemarin… memang membuat saya harus rekalkulasi wave IHSG saya.  Kalau melihat hitungan terakhir… IHSG ‘bisa saja’ pake skenario ‘extra’ wave 5 ke 6.000.  Akan tetapi.. karena ini subwave ke 5 … berarti saya akan pake stoploss ketat : kalau ada suport tembus.. berarti saya harus langsung exit.

So… setelah kemarin saya gak ngambil posisi hari ini mau testing the water.. beli ketika harga suport.  Bukan di suport sih sebenarnya : dibawah suport level.  Beli di harga seharusnya orang melakukan cut loss.

Weh.. itu HSI running jauh dibawah suport.  Nakut-nakutin aje.

Saya santai deh.. tetap BOW.  Semoga dapet harga bagus… semoga IHSG memang 6.000 dulu.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.