Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Blue Chip Vs Komo .. Mana yang lebih kuat?

923

Selamat pagi…

Alhamdulillah.. akhirnya saya sudah kembali dari liburan.  Dua hari kemarin, saya sudah mencoba posting .. tapi ternyata gagal masuk ke server ini.

Selama liburan saya kemarin.. dana asing terus keluar dari Bursa Efek Indonesia. Ini membuat IHSG masih berada dalam trend turun untuk jangka pendek.  Hingga pergerakan kemarin.. IHSG semakin mendekati suport di level psikologis 5.750.  Suport ini adalah suport penting, karena jika ditembus, IHSG bisa memililiki target wedge hingga kisaran 5.450 – 5.500.  Saham BBRI dan INTP setidaknya.. pada perdagangan kemarin sudah terlihat menembus suportnya.  BBRI dengan pattern wedge.. INTP dengan pattern double top (atau flat range yang tembus ke bawah).  Kedua signal negatif ini… memunculkan kemungkinan kemungkinan IHSG mengalami penembusan suport.

Di sisi lain, harga komoditas batubara terus bergerak naik, setelah muncul berita (yang katanya dari Reuters) kalau di Amerika, batubara untuk tahun 2017 ini bakal kembali mengalahkan gas sebagai sumber dari energy.  Harga komoditas lain juga cenderung bergerak naik mengikuti harga minyak, membuat harga komoditas secara umum, sepertinya masih akan bullish.

So.. mana yang lebih kuat sentimennya : pergerakan naik dari harga saham-saham komoditas? atau malah IHSG tembus suport 5.750 dengan signal negatif dari saham-saham perbankan?

Posisi saya sih masih kosong gara-gara liburan panjang yang saya lakukan kemarin.  Hari ini.. saya mau trend following… mengikuti mana yang lebih kuat.. antara trend naik dan trend turun itu.  Saya akan positioning di saham-saham terkait komoditas (terutama batubara), sambil mewaspadai kemungkinan koreksi yang akan terjadi pada saham-saham lapis pertama.

Oh iya.. itu.. saham-saham konstruksi… kok kemarin malah tembus suport juga.  Apa pasar takut masalah defisit anggaran bakal mengganggu proyek infrastruktur ya? Yang jelas.. sepertinya saya akan menghindari dulu saham-saham sektor konstruksi.. sampai terlihat adanya signal positif.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

4 Comments
  1. zul says

    komo lebih kuat mas

  2. Abdur says

    Dan beberapa hari ini, IHSG masih turun…

    Mengenai Komo, mohon penjelasannya. Saya baru pertama kali dengar. Terima kasih pak

    1. rencanatrading says

      Bung Umar..

      Yang saya maksud dengan Komo adalah saham-saham komoditas. Hari-hari ini.. harga Coal dan Nickel masih dalam trend naik. Itu yang membuat saya tertarik dengan KOMO ini.

      1. Abdur says

        Oh iya, terima kasih pak.. maaf masih newbie

Leave A Reply

Your email address will not be published.