Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

802

Selamat sore…

Regional Asia memang masih bergerak flat.  Kinerja emiten juga tidak terlihat ada emiten besar yang release kinerja hingga sore hari ini.  Akan tetapi… sejak pagi.. tiga saham yang belakangan menjadi penggerak IHSG : BBRI, GGRM, dan UNVR, terlihat sudah mulai running dibawah suport.  IHSG dalam tekanan.

Tekanan ini masih disebabkan dari aliran dana asing, yang terus keluar dari Bursa Efek Indonesia.  Di pasar reguler, asing masih tercatat dalam posisi net sell sebesar Rp 598 miliar hingga jam 15.31 tadi.  Asing masih dalam posisi jual… dengan jumlah yang masih akan diatas angka Rp 600 miliar.  Tekanan jual dari pemodal asing terlihat masih serius.

Suport pertama dari IHSG ada di level 5.805.  Selama tidak ditutup dibawah suport tersebut, IHSG masih berada dalam trend naik jangka pendek dengan potensi kenaikan hingga kisaran 5.900 – 5.950.

So… hari ini.. saya cenderung hold posisi.  Eh.. nggak ding.. tadi ada beberapa saham yang saya sempat beli di harga bawah.. tapi akhirnya sudah saya take profit lagi. Market flat seperti ini.. saya gak bisa ngapa-ngapain.  Hanya berharap orang ada yang banting harga ketika closing session nanti.

Oh iya… jangan lupa ya… besok ada acara Kelas Dasar Analisis Teknikal di Surabaya, dan hari Minggu di Jakarta.  Silakan bergabung bagi anda yang kepingin belajar ‘menaklukkan market’ dengan ilmu analisis teknikal yang sederhana.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.