Lah.. Kok serem lagi?

435

Selamat pagi…

Hari Selasa… ketika saya On-Air di IDX Channel.. saya sudah khawatir bahwa IHSG menembus suport 5.750 sebagai akibat dari tekanan jual dari pemodal asing.  Eh.. hari Rabu malah IHSG rebound banyak banget.  Kemarin IHSG malah sudah sampai di resisten retracement 50% di sekitar level 5.835 dengan didorong oleh kinerja positif BBNI.

Pagi ini? Lha kok lemes lagi.  IHSG masih diatas suport pertama di level 5.805 sih… tapi.. kalau market sedang suport testing begini.. memang gak enak saja rasanya.

Masalahnya memang di pemodal asing yang gak percaya diri menghadapi pengumuman kinerja emiten 1H2017.  BBNI sih kemarin bagus.  Tapi .. ini kedepan.. kan BBRI dan BMRI .. yang kinerja kuartal pertamanya kemarin sedikit mengecewakan.

Perpu tentang Organisasi Politik? Gak ngaruh sih.  Tapi  .. menurut saya .. sebenarnya ada yang jauh lebih penting : aturan mengenai penggunaan nama tidak asli.  Nama tidak asli ini bisa saja merupakan nama nominee .. atau juga mengenai nama palsu.  Kekisruhan yang ada di dunia maya, itu lebih karena banyaknya pengguna nama palsu yang berkeliaran.  Fitnah sana fitnah sini dengan bebas, tanpa tindakan apa-apa dari aparat.  Itu yang jauh lebih meresahkan dibandingkan dengan ormas-ormas yang katanya gak jelas itu.

Hingga jam 10.35 tadi… posisi net sell asing sudah mencapai Rp 193,15 miliar.  Ini artinya.. posisi net sell dari asing di pasar reguler.. sepertinya bakal agak turun dibandingkan Rp 746,42 miliar yang mereka lakukan kemarin.  Saham-saham terlihat mulai running dibawah suport.  BBRI, GGRM, UNVR… sejauh ini terlihat mulai diperdagangkan dibawah suport.  IHSG terlihat masih kuat diatas suport pertama di level 5.805.  Akan tetapi.. dengan saham-saham itu terlihat mulai running dibawah suport.. saya kok jadi tidak terlalu yakin.

So… hingga siang hari ini.. posisi saya masih minim.  Ada posisi Buy On Weakness… tapi itu semua masih di harga-harga jauh.  IHSG.. sejauh tidak menembus suport di 5.765… masih ada peluang untuk ke 5.900 – 5.950.  Masalahnya: ini kita sedang subwave ke 2…. jadi kalau yang serem-serem nongol.. itu sudah wajar adanya.

Oh iya.. saya sedang menawarkan Kelas Dasar Analisis Teknikal untuk di Surabaya (tanggal 15 Juli 2017) dan di Jakarta (tanggal 16 Juli 2017).  Kalau anda berminat, untuk mendaftar, silakan contact saya di nomor 08111268889.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. zoel says

    tenang aja boss,idxbakal ke 6k,selama dow msh bikin new high bgtu juga hsi eido.
    yg penting jgn invest,tradingin aja BC di lq45

Leave A Reply

Your email address will not be published.