Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Gak Enak ini Marketnya…*

3,966

Selamat pagi…

Market Amerika semalam hanya cenderung wait and see, menanti kinerja emiten yang akan keluar.  Kondisi ini membuat indeks dari bursa di kawasan Asia pagi hari ini cenderung bergerak flat-turun, sebagai akibat dari minimnya sentimen.

Minimnya sentimen di bursa regional ini.. membuat pemodal asing sejak awal perdagangan, langsung berada dalam posisi net sell.  Hingga jam 10.32 ini.. posisi net sell dari pemodal asing di pasar reguler sudah mencapai Rp 93 miliar.  Meski jumlah ini relatif kecil, akan tetapi, karena sudah hampir 3 kali dari posisi net sell asing di pasar reguler kemarin yang hanya sebesar Rp 37,40 miliar, pemodal asing meningkatkan aksi jualnya secara signifikan.  Pemodal asing kembali melakukan posisi jual, setelah pada perdagangan kemarin, aksi jual ini sedikit mereka hentikan, sebagai akibat dari bursa global dan komoditas yang terlihat kondusif.

Secara umum, harga komoditas sebenarnya masih cenderung bergerak naik.  Akan tetapi, posisi dari pemodal asing yang berada dalam posisi net sell, ditambah dengan harga saham komoditas yang kemarin sudah naik cukup banyak, membuat pergerkan dari saham-saham komoditas menjadi sedikit tertahan.  Market menjadi berada dalam mode wait and see.

Wait and see ini juga didukung oleh spekulasi, bahwa kinerja BMRI yang akan diumumkan nanti sore, kinerjanya bakal tidak terlalu bagus.

Lengkap sudah penderitaan.  hehehe.

Dengan starting market yang kurang begitu menggembirakan ini.. pagi tadi saya cenderung berada dalam posisi Buy On Weakness (BOW).  Jeleknya: ketika saham yang saya miliki bergerak naik, saya cenderung untuk jualan.  Eh… habis jualan.. kok malah bablas naik.  Hehehe.  Jadi kacau ini posisi saya.

So… karena market flat dan cenderung turun.. market wait and see.. saya ikutan wait and see juga.  Kalaupun ada posisi beli… berarti saya tetap berada dalam posisi BOW saja.  Saya gak mau buru-buru.  Kita lihat kondisi market nanti sore… untuk melihat apakah saya akan memaksa baibek di harga atas… atau saya mau nahan posisi.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.