Kondisi Saham Konstruksi Juli 2017*

1,977

Selamat pagi…

Jokowi itu identik dengan Pembangunan Infrastruktur.

Karena Jokowi identik dengan Pembangunan Infrastruktur… maka ketika Pilpres 2014 kemarin, saham-saham BUMN sektor konstruksi, dalam hal ini WSKT, ADHI, WIKA, dan PTPP, berkejaran naik, mengalami rally-rally panjang pada tahun 2014… dan memiliki puncak di awal 2015.

Akan tetapi.. setelah puncak tersebut.. pergerakan harga dari saham-saham sektor konstruksi terlihat mengalami lesu darah.  Hanya WSKT dan PTPP yang mampu mencetak rekor baru setelah puncak 2015.  ADHI dan WIKA? Hehehe.. terus melemah.. selalu melempem.  Padahal.. kinerjanya selalu bagus: kontrak meningkat, laba bersih juga meningkat, kinerja selalu diatas ekspektasi.

Mengapa?

Hehehe.. nggak.. saya nggak akan jawab pertanyaan itu.  Anda cari sendiri jawabannya deh.  Jawabannya agak terlalu panjang untuk dibahas disini.  Eh.. tapi.. intinya.. biasanya adalah : kucuran dana Pemerintah untuk infrastruktur memang sedang seret.  Jadi.. meskipun kinerja emiten saat ini bagus … pemodal (baca : analis.. terutama analis asing) masih tetap khawatir bahwa kondisi kedepan bakal lebih jelek, atau … khawatir kalau tiba-tiba kacau dan mereka bikin right issue.  Itu lebih tidak disukai lagi.

Jadi.. kemana arah dari saham konstruksi?

Weh.. sudah jam 7.30.  Saya harus persiapan trading pagi.  Saya lanjut nanti siang deh.  Yang jelas :

  • WIKA sudah di suport area (ingat ya.. suport itu belum berarti trend turun akan berakhir),
  • PTPP dan ADHI masih ada ‘ruang untuk koreksi’ (meski ruangnya juga sudah tidak terlalu besar), serta
  • WSKT yang masih ‘belum mulai turun’ (signal negatifnya baru muncul kemarin.  Eh.. tapi.. WSKT masih diatas suport low minggu lalu sehingga hari hari ini harus ‘break suport 2.180’ untuk mengkonfirmasi potensi turun bawahnya.

In the mean time : koreksi yang terjadi pada saham-saham sektor konstruksi memang jelek.  Akan tetapi.. sekarang itu waktunya beli.. bukan waktunya jualan.

Kita bahas nanti siang yeee….

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

 

You might also like More from author

1 Comment

  1. zoel says

    cos’ adhi + wika digadein ke cino,

Leave A Reply

Your email address will not be published.