Masalahnya memang di Ekonomi…*

5,357

Selamat pagi…

Kemarin.. saya mengantar anak.  Hari pertama masuk sekolah.  Seharian.. ngelihatin market hanya setengah-setengah.  Padahal.. harus cut loss saham-saham batubara.  Hehehe… gpp wis.  Profit yang dihasilkan seminggu.. bener-bener dipotong 1/3 dalam waktu sehari.  Gpp wis.. Gusti Alloh pasti akan memberikan gantinya nanti.

Setelah IHSG memberikan signal negatif hari Jumat…IHSG kemarin masih berhasil ditutup menembus resisten pertama di level 5.775.  Apakah IHSG memulai trend naik yang baru? Yang jelas.. kondisi dari bursa global yang masih cenderung mendatar, membuat IHSG pada hari ini cenderung suport testing.  Terlebih dengan adanya berita negatif dari penjualan otomotif dan semen, yang cenderung menurun.

Jadi.. IHSG suport testing.  IHSG testing suport di level 5.780 yang kemarin baru saja ditembus.  Net sell asing di pasar reguler hingga jal 11.20.. hanya sebesar Rp 92,85 miliar.  Net sell untuk hari ini.. memang agak meningkat dibandingkan dengan posisi net sell kemarin.. meski jauh dibawah kisaran Rp 500M – Rp 600M yang biasanya dilakukan oleh investor asing sejak awal Juni kemarin.

Yang jelek : saham-saham batubara lapis pertama terlihat mulai bergerak turun.  Terus.. semen running dibawah suport.  ASII testing suport yang kemarin dibentuk.

Ada data menarik yang dipubilikasikan harian Kontan hari ini: Angka penjualan sepeda motor, ternyata terus melemah.  Angka ini, seingat saya adalah angka indikator favorit dari guru saya, Pak Boediono.  Kalau penjualan motor melemah, itu berarti.. rakyat kalangan bawah sedang tidak pegang duit.  Artinya : rakyat di kalangan bawah tidak happy.

So.. setelah kemarin saya cut loss… hari ini saya masih wait and see.. menunggu perkembangan dari bursa regional dan pengumuman kinerja.  Kalau regional signalnya jelek.. dan terutama kalau pada saat yang bersamaan IHSG tidak ditutup diatas suport 5.780… saya mendingan stay cash saja.  Dua hari kedepan, saya gak akan bisa lihatin market karena sharing analisis teknikal di suatu tempat.  Sepertinya saya mau play safe untuk hari ini.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.