Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

1,471

Selamat sore…

Ada apa dengan Telkom?  Kalau melihat berita-berita yang masuk dari WA temen-temen.. memang ada beberapa concern tentang kinerja emiten.  Akan tetapi.. kalau cuman kinerja emiten… tekanan jual asingnya gak akan sebesar ini.  Hingga pre closing.. sudah tercatat sebesar 1,5 juta lot.  Edun bener.

IHSG sih.. jauh dibawah suport 5.890.  Signal IHSG sore ini sepertinya bakalan jelek.  Padahal.. pada bursa regional, tidak terlihat adanya signal negatif.

Harga komoditas metal terlihat agak turun.  Tapi.. harga dari saham-saham batubara malah terlihat menembus resisten.

So… signalnya memang mixed semua… campur aduk.  Satu hal yang menjadi perhatian saya: tekanan jual yang besar pada saham TLKM ini, biasanya tidak akan kelar dalam satu hari.  Eh.. tapi.. kapan hari.. Bank BRI juga seperti ini ya? Ataukah Asing memang sedang melakukan selling climax (tekanan jual besar terakhir sebelum posisinya habis)?  Posisi penutupan  TLKM sih di 4400.. dibawah suport 4500.  Potensi koreksi ke 4.200 – 4.250.  Tekanan jual sepertinya masih akan berlanjut.

IHSG hari ini akhirnya ditutup pada level 5.882,79.  Dibawah titik terendah kemarin.  Signalnya negatif.  Saya wait and see dulu dalam posisi full cash.  Kita lihat besok apakah trend turun jangka pendek pada IHSG ini, masih bisa berlanjut.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

1 Comment
  1. zoel says

    6.396.859 lot berturut2 dalam 9 hari burs,mirip2 asii wkt itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.