Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

1,549

Selamat sore…

Semenjak pagi.. anginnya memang sudah gak enak.  Ketika WSKT gagal take off dan yang muncul malah tekanan jual… hati saya sudah gak enak.  WIKA yang naik.. begitu kena resisten di 1835 – 1840 kemudian malah saya lepas… bukan saya tambahi.

Sore ini.. sebenarnya belum terlihat signal negatif yang terlalu parah. Indeks regional (baca Hang Seng) masih bisa ditutup dengan kenaikan tipis.  Aliran dana asing di pasar reguler memang kembali dalam posisi net sell.  Tapi karena jumlahnya belum terlalu besar… tekanannya juga tidak terlalu kuat.  Akan tetapi.. tetap saja: karena posisi net buy berubah menjadi net sell, sejauh ini.. IHSG malah running dibawah suport pertama 5.935.

Saham-saham mulai running dibawah suport pertamanya.  Tercatat setidaknya BBCA, ASII, PGAS… running dibawah supor pertama.  Memang kondisinya gak terlalu bagus.  Harga metal juga sedang jelek.  Harga nickel terlihat running dibawah suport semenjak tadi pagi.  Masih bagus INCO saya ada yang makan diatas 3000 tadi pagi.  Kalau enggak.. bisa terpaksa cut loss saya sore hari ini.

So… kemarin sore.. saya memaksa mengambil posisi contrarian (beli ketika muncul signal negatif).  Sore hari ini.. karena harga tidak mampu kembali diatas suport pertamanya.. saya memilih untuk melepas posisi.  Memang belum ada signal negatif.  Signal negatif juga baru muncul kalau IHSG nanti sore ternyata gagal ditutup diatas suport pertama di 5.935.  Saya hanya mengambil langkah berjaga-jaga.  Itu saja.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.