Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Yang Keluar Mulai Dana Asing Jangka Panjang…*

1 1,057

Selamat pagi…

Sayang sebenarnya.. grafik aliran dana asing yang saya miliki, hanya sampai Februari 2011. Kalau dilihat dari grafik itu, berarti pemodal asing mulai mengeluarkan posisi yang dimiliki untuk jangka panjang. Bisa jadi mulai Bottom Market Pasca Krisis 2008.

Satu hal yang lain yang bisa saya lihat dari gambar di atas: Dana Asing di Bursa kita, sebenarnya sudah 0 (nol). Artinya: yang berkuasa benar-benar sudah pemain lokal (baca: bandar lokal). Nah.. bandar lokal ini, sebenarnya mereka-mereka yang hanya mencari duit berdasarkan suplai dan demand. Mereka ini biasa ‘memanfaatkan berita’ untuk ‘memakan’ (baca: mengambil uang) pemodal retail. Kalau istilah Islamnya : mengambil uang orang lain dengan cara yang batil (batil = tidak benar = gabener). Perdagangan dilakukan bukan untuk mencapai kemaslahatan bersama, tapi semata-mata hanya untuk ‘mengambil uang orang lain dengan jalan yang batil. Dalam kondisi seperti ini, adalah wajar kalau ‘berita bagus itu, hanya untuk kenaikan harga sesaat, setelah itu harga akan dihajar lebih dalam’ .. atau ‘berita jelek hanya diluncurkan ketika mereka berharap para inpestor (baca : nyangkuters) untuk melakukan cut loss’ dimana mereka sebenarnya malah sedang melakukan baibek atas posisi yang sudah dijual sebelumnya.

Apa yang perlu diketahui oleh pemodal retail? Apa yang harus dilakukan oleh pemodal retail?

  1. Sadarilah bahwa anda sedang masuk di jaman-jaman ketika informasi tidak bisa diterima secara lugu. Berita bagus tidak berarti positif, berita jelek bukan berarti negatif. Kita harus kritis dalam menilai setiap informasi.  Kalau anda tidak kritis, kalau anda tidak ‘selalu curiga’ dalam menerima informasi, siap-siap anda menjadi korban berikutnya.
  2. Posisi pada saham apapun (terutama saham gorengan), sebaiknya adalah posisi trading. Trading itu berarti: beli ketika mau naik, jual ketika mau turun. Atau ketika ambil posisi contrarian : beli ketika muncul signal cut loss setelah suport ditembus, jual ketika muncul signal beli untuk average up.  Kalau anda gagal melakukan itu, siap-siap bahwa anda adalah korban berikutnya.
  3. Pakailah analisis teknikal untuk mensikapi informasi. Sebagus apapun informasi, kalau suportnya tembus, berarti informasi itu salah, yang menyampaikan bisa jadi adalah ‘orang bermasalah’.  Kalau anda dalam menerapkan analisis teknikal, kalau anda gagal memiliki indikator teknikal yang memungkinkan stoploss pendek, siap-siap anda menjadi korban berikutnya.
  4. Jangan kecewa kalau anda pemain blue chip tapi untungnya sedikit. Gak perlu iri melihat pemain lapis ketiga yang mendapat cuan lebih sering, lebih enak. Jangan hanya lihat ketika mereka senang. Coba lihat kalau nanti mereka gak disiplin. Disitu anda kan merasa beruntung sudah terselamatkan.  Kalau anda tidak bisa mengendalikan keserakahan anda, siap-siap anda menjadi korban berikutnya.
  5. Tapi inget: kalau kemudian anda terjun ke saham gorengan, main gorengan itu, kuncinya adalah size, suplai and demand. Saham kecil, mainnya kecil juga. Kalau anda main terlalu besar di saham kecil, siap-siap saja bahwa anda adalah korban berikutnya.

Loh.. kok sedikit-sedikit ‘siap-siap anda jadi korban berikutnya’? Pak Tommy menakut-naikti pemodal retail ya? Pak Tommy mau melarang orang untuk inpes?  Terserah deh.. itu duit-duit anda sendiri.. resiko-resiko anda sendiri.  Saya hanya orang yang berusaha untuk mengingatkan, sebagai orang yang sudah hampir 20 tahun makan asam-garam di market kita ini.

So… dalam market seperti ini, saya biasanya cuman trading saham-saham komo.  Minimal.. kalau saham komo, ada backup komoditasnya, sehingga big player tidak bisa seenaknya menggerakkan harga.  Eh.. trading ini bukan berarti saya ‘beli simpan’ atau ‘selalu punya posisi beli’.  Saya tetap selalu berusaha : beli ketika mau naik, jual ketika mau turun.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*diclaimer ON

 

1 Comment
  1. zul says

    ada kalanya mau naik tp ga jd naik dan sebaliknya.hehe namanya jg mafioso mana mau ditebak dgn mudah

Leave A Reply

Your email address will not be published.