Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

CheatSheet

Trading plan itu perlu… tapi masalahnya:

  • Sebagian orang tidak memiliki waktu untuk membuatnya
  • Sebagian yang lain suka melakukan komparasi terhadap trading plan orang lain.  Siapa tahu ada ide-ide yang ‘terlewat’ atau ‘tidak terlihat’.

So.. untuk membantu kedua golongan trader diatas, maka mulai tanggal 16 November 2009, saya akan ‘mencoba’ untuk melakukan posting atas ‘CheatSheet’ yang berisi trading plan yang akan mengawal trading saya untuk keesokan harinya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Secara harfiah, Cheatsheet berarti ‘Lembar Contekan’.  CheatSheet ini berisi rencana trading yang akan saya lakukan jika saya memiliki saham itu.
  • Saya (sering kali) berada dalam posisi ‘memiliki’ (mempunyai posisi beli) atas beberapa saham tersebut, tapi tentu saja tidak semua saham tersebut berada dalam portfolio saya.  Saham-saham tersebut adalah saham yang menjadi incaran saya dalam melakukan trading.  Daftar dari saham saham tersebut bisa dilihat pada List of Battlefield.  Saya berusaha untuk tidak melakukan trading (ataupun juga prediksi/rekomendasi) pada saham-saham yang diluar List of Battlefield.
  • Ketika membaca Cheatsheet ini berarti pembaca setuju untuk mengikatkan diri pada syarat-syarat disclaimer yang telah kami buat.
  • CheatSheet ini dibuat untuk perdagangan besok, berdasarkan posisi closing hari ini, sebelum memperhatikan pengaruh dari pergerakan Dow Jones Industrial di malam hari.
  • Target upload ke dalam blog ini adalah pada jam 20.00 – 21.00.  Jika pada waktu tersebut Cheatsheet belum dimuat, berarti … yah.. anda coba lihat di pagi hari lah.
  • Rekomendasi ‘Beli’ atau ‘Jual’ dibuat berdasarkan kondisi dimana pergerakan harga memberikan potensi keuntungan yang cukup dengan pontensi kerugian yang terbatas.
  • Rekomendasi ‘Hold’ dibuat apabila resiko untuk melakukan transaksi saya nilai terlalu besar dibandingkan dengan potensi keuntungannya.  Akan tetapi, posisi ‘Hold’ ini jangan terus tidak dilihat.  Perhatikan Stoploss level-nya karena jika stoploss level tersebut disentuh, bisa jadi rekomendasi hold tersebut bisa berubah menjadi ‘Beli’ atau ‘Jual’.

Contoh dari CheatSheet bisa anda lihat pada halaman ini.  Untuk CheatSheet edisi terbaru, anda bisa melihat pada member area.

PERINGATAN TERAKHIR: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

Semoga bisa berguna.