Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

CheatSheet untuk 24 November 2009*

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.


Beberapa catatan tambahan:

  • Kondisinya ternyata lebih buruk dari apa yang saya lihat ketika jam 15.30 tadi.  Regional Asia memang tidak ada signal bearish.  Penutupan IHSG juga masih bagus.  Akan tetapi, potensi penurunan yang mulai ditunjukkan oleh beberapa saham membuat saya lebih waspada.
  • Signal yang paling jelek, terlihat pada saham TLKM.  Posisi penutupannya memang masih berada diatas posisi terendah kemarin.  Akan tetapi, posisi ini dibawah level terendah ketika TLKM membentuk Doji di hari Kamis.  Masalahnya, bentuk Doji dua hari yang lalu itu, mirip dengan gravestone Doji.  So.. jika suport 8900 tidak bertahan di hari Selasa, mendingan exit dulu karena harga bisa ke 8500.
  • BBCA mulai meneman BMRI untuk memberikan signal bearish.  Targetnya sih belum jauh, baru ke 4500.  Tapi ini sebaiknya membuat kita lebih hati-hati.
  • Saham-saham sektor semen juga terlihat sudah berada di suport levelnya.  Jika ditembus, mendingan bersih barang dulu.
  • Saham yang berada di wilayah ‘Beli’ terlihat ada dua: BUMI dan UNTR.  Akan tetapi, saham tersebut berada di wilayah Beli karena tengah melakukan suport testing.  Jika suportnya ditembus, jangan lupa untuk exit.  Disisi lain, PTBA memang masih bertenaga.  Akan tetapi kuatnya resisten di 16000 membuat saya memilih untuk menunggu resisten ini ditembus dulu sebelum kembali menjadi bullish.

Anda ingin bisa membuat trading plan seperti ‘CheatSheet’ ini sendiri? atau anda ingin sekedar mengetahui, bagaimana cara membaca ‘CheatSheet ini dengan benar?  Bergabunglah dengan rekan-rekan lain yang telah mendaftar untuk acara Small Gathering kami.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.