Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

CheatSheet untuk 25 November 2009*

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

Beberapa catatan tambahan:

  • Dengan regional turun sedemikian dalam, posisi penutupan IHSG terlihat cukup ‘istimewa’.
  • Suport BUMI di 2750 gagal bertahan.  Retracement 50% di 2500.  Sepertinya 2500 adalah suport yang cukup kuat
  • Disisi lain, beberapa saham malah menunjukkan potensi kenaikan yang cukup lumayan.  AALI berhasil menembus resisten dari triangle dengan potensi kenaikan optimal di 27000 – 27500 (masih ada resisten kuat di 23500 – 24100 sih..), PTBA ditutup diatas resisten 16000.  Potensi kenaikan optimal dari triangle ada di 17300.  UNVR ditutup diatas resisten 11400.  Ini membuka potensi kenaikan hingga 12100 – 12250.
  • Saham yang menunjukkan potensi penurunan? Masih tetap BMRI dan BBCA (meski pada keduanya potensi penurunannya sudah tidak terlalu jauh lagi.

Asli.. Seharian nggak liat market, membuat saya sedikit ‘jet-lag’.  Jika melihat posisi dari indeks regionalnya, sepertinya arah market secara keseluruhan sudah cenderung turun.  Akan tetapi, ini saham-saham Indonesia kok malah masih banyak yang memberikan signal bullish kenaikan yang baru.  Apakah ini bull trap? Saya juga tidak tahu.  Untuk perdagangan besok, saya lebih senang melihat posisi DJI malam ini dulu seperti apa.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.