Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Masih berkutat dengan resisten dari Hangseng dan Shanghai…

110

Selamat siang…

Hingga penutupan sesi pertama tadi, IHSG memang masih berada diatas resisten 2411.  Memasuki perdagangan sesi 2, dimana kita harus memutuskan apakah trend naik ini masih akan berlanjut atau tidak, apakah posisi yang sudah dibeli bisa disimpan, atau posisi yang sudah profit harus dilepas atau bagimana… kita sebaiknya tetap menggunakan posisi penutupan dari indeks Hangseng dan indeks Shanghai sebagai ‘signal’. 

Seperti yang kami ulas kemarin, indeks Hangseng memiliki kisaran resisten di 21196 – 21500, sedangkan indeks Shanghai memiliki resisten kuat di level psikologis 3000.  Dilihat dari posisi terakhirnya, indeks Hangseng terlihat sudah diatas batas bawah dari kisaran resisten, tapi masih dibawah batas atas dari kisaran resisten.  Sedangkan indeks Shanghai masih berada 10 poin dibawah level psikologis 3000.  Belum jelasnya posisi penembusan ini membuat kita harus lihat perkembangannya hingga penutupan dari kedua bursa itu.  Sebagai informasi, Bursa Shanghai ditutup sekitar jam 14.15 WIB, sedangkan bursa Hangseng ditutup pada jam 15.00 WIB.

Apakah kita boleh menambahkan posisi pada sore nanti sebelum bursa ditutup? Harusnya sih, kalau IHSG terlihat berpeluang untuk ditutup diatas resisten 2411, maka penambahan atas posisi (average up) bisa dilakukan).  Akan tetapi, jika anda kepingin melakukannya dengan lebih percaya diri, lakukan penambahan posisi hanya apabila indeks Hangseng dan indeks Shanghai mampu ditutup diatas resisten.  Maklum .. Indeks Dow Jones Industrial masih ditutup tipis dibawah resisten kuat di 9650.

Happy trading… Semoga untung!!!

Perencana Trading

Leave A Reply

Your email address will not be published.