Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

What have we missed?*

103

Selamat malam…

Pertama-tama, saya mau mohon maaf… suasana liburan panjang memang membuat update menjadi sedikit ‘seret’.  Tapi sebenarnya tidak hanya itu.  Kondisi berbagai variable pasar yang relatif flat atau 090923 Market Variablesbahkan mixed (lihat tabel disamping), membuat perdagangan besok sepertinya akan relatif ‘aman terkendali’.

Satu-satunya variabel yang membuat kita agak waspada adalah posisi dari indeks Shanghai yang terkoreksi cukup dalam.  Akan tetapi, setelah kami check di grafiknya, ternyata belum ada potensi penurunan yang jelas untuk indeks ini.  Indeks ini malah cenderung rebound pada pergerakan besok karena posisi terakhirnya masih berada di sekitar retracement 50% dari trend naik terakhirnya.

Semuanya sepertinya akan berlangsung normal pada perdagangan besok.   Arah pergerakan dari IHSG juga lebih ditentukan oleh arah pergerakan dari indeks Dow Jones Industrial malam ini.  Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian diantaranya:

  • Aburizal Bakrie mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Golkar.  Terkait dengan pencalonan tersebut, berita-berita negatif seperti ini sebaiknya tidak membuat anda mudah untuk kaget.  Waspada iya… tapi tidak perlu overreacting.
  • Low IHSG pada tanggal 17 September ada di level 2440.  Jika ditutup dibawah level ini, IHSG akan memberikan signal negatif.  Akan tetapi, IHSG baru confirmed reverse jika ditutup dibawah suport 2377.
  • Harga minyak masih tertahan dibawah resisten US$72.5 – US$73.5 per barrel.
  • Harga emas masih tertahan di kisaran resisten US$1000 – US$1032 per troy ounce.
  • Kabar baik mungkin bisa dilihat pada indeks Hangseng yang berada diatas kisaran resisten 21196 – 21500, dan DJI yang juga masih diatas resisten 9800 (setidaknya hingga ulasan ini ditulis).

So.. belum ada yang perlu dikhawatirkan.  Semua market variables terlihat ‘menunggu’ IHSG selama liburan panjang ini.  Tidak yang belum tercermin dalam pergerakan IHSG, kecuali pergerakan Dow Jones dan harga komoditas malam ini.   Kita lihat besok aja deh…

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.