Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Melihat Bursa Regional dengan Waspada*

84

Selamat pagi…

Dengan pergerakan bursa regional selama liburan yang relatif ‘tidak kemana-mana’, IHSG sebenarnya cenderung untuk bergerak naik.  ‘Sebenarnya’ saya bilang.. karena pengaruh dari koreksi lebih dari 3% yang terjadi pada harga minyak pada pergerakan semalam, sepertinya tidak bisa dianggap enteng.  Perkiraan saya sebelumnya sih (sebelum melihat posisi DJI dan harga minyak), IHSG hari ini cenderung bergerak flat-naik di kisaran 2440 – 2500.  Melanjutkan pergerakan naik menuju target dari triangle di 2480 – 2520.  Penggeraknya sepertinya bisa dari BUMI (yang akan melanjutkan trend naiknya menuju 3400 – 3500) dan ADRO (yang akan resisten testing 1500 – 1550 setelah pada tanggal 17 September lalu break resisten dari konsolidasi).  Intinya: Coal miners akan kembali menjadi penggerak indeks.

Akan tetapi, koreksi yang terjadi pada bursa regional dan juga harga minyak, lebih membuat kita mewaspadai resiko dibanding melihat potensi kenaikan.  Ok-lah.. kalau market masih bergerak naik, posisi trading masih bisa dilakukan pada saham-saham tersebut diatas.  Akan tetapi, jika ternyata IHSG bergerak turun, tolong lebih diperhatikan posisi-posisi suport dari IHSG.  Suport pertama ada di low IHSG tanggal 17 September 2009 di 2440.  Suport kedua ada di kisaran 2411 – 2425 (atau bisa juga 2377 – 2425).  Jika terdapat kecenderungan IHSG ditutup dibawah suport pertama, saya lebih senang untuk menyarankan exit atas posisi trading, terutama posisi trading yang masih untung.  Jika suport kedua yang tembus.. sudah lah.. pegang cash sepertinya lebih nyaman.

Dalam menaiki sebuah trend (trend riding), trend yang sudah berlangsung terlalu lama dan terlalu panjang, hal yang terpenting adalah mengetahui kapan kita sebaiknya turun (exit).  Dan sebuah exit, itu sebaiknya memang ketika trend sudah berbalik, instead of betting bahwa trend sudah berakhir.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*baca dulu halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.