Superman is Death

62

Di pasar modal, pergerakan harga adalah penentu.  Penentu keuntungan dan kerugian.  Sedemikan penting peran dari harga sehingga orang berlomba-lomba: memprediksi, memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi beli dan jual (trading skill), melakukan penggalangan dana dengan harapan dengan dana besar kekuatan dan probabilitas untuk memenangkan pertarungan menjadi lebih besar, bahkan kalau perlu meng’corner’ pasar (bukan hanya pergerakan satu saham loh ya.. tapi pasar secara keseluruhan).  Apapun dilakukan orang untuk meraup keuntungan di bursa saham.

Satu hal yang sering dilupakan orang: pasar tidak bisa di 100% kontrol.  Dalam waktu yang tidak lama, mungkin bisa.  Tapi untuk dikontrol 100% dalam jangka panjang.. well.. banyak yang sudah mencoba, tapi saya belum pernah dengar 250px-Superman75ada yang berhasil.  Banyak orang yang mencoba untuk menjadi ‘Superman’ di pasar modal.  Tapi belum ada yang berhasil.

Tidak akan ada yang bisa menahan arah pasar.  Kalau market mau turun, ya turun ajah.  Jika nanti arah trend dari regional ternyata sudah berubah menjadi turun adalah tidak mungkin jika IHSG bisa naik sendirian.  Disisi lain, kalaupun IHSG ternyata bisa bergerak naik, ditengah trend regional yang sedang turun, maka bisa jadi investor asing akan tetap menghindari market Indonesia.  Kalaupun harga saham tidak turun ditengah harga saham yang berjatuhan, investor asing atau investor yang rasional akan menghindari saham-saham tersebut karena dianggap memiliki resiko yang lebih tinggi.  Tidak ada Superman di pasar modal.

Tidak ada Superman di pasar modal.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana trading

(gambar diambil dari www.wikipedia.com.  Sumber dari gambar bisa anda temui ketika anda melakukan click pada gambar tersebut)


You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.