15.45*

53

Selamat sore…

Dilihat dari posisi terakhir:

  • Meski terkoreksi, IHSG masih diatas kisaran suport 2500 – 2505.  Jika ditutup dibawah suport ini, IHSG besok lebih berpeluang turun (60:40).  IHSG besok baru ‘pasti turun’ jika IHSG hari ini ditutup dibawah suport 2482.
  • Saham-saham big caps penggerak IHSG masih terlihat diatas suportnya.  BMRI masih diatas 4950, BBCA masih diatas suportnya (4900), dan ASII stagnan.
  • Kekhawatiran kami kemarin atas BUMI terbukti.  Gagal bertahan diatas gap 3075 – 3100, BUMI meluncur turun.  Sejauh ini, harga sudah dibawah retracement 61.8% (2975).  Kondisi ini membuka peluang bagi BUMI untuk full retrace ke kisaran suport 2650 – 2775.   (tapi, dilihat dari level suport tersebut, potensi penurunannya juga sudah tidak banyak lagi kan? Saya kok lebih senang mengambil posisi spekulatif ya? Mumpung stoplossnya dekat…)
  • Hangseng ditutup diatas resisten 21100.  Akan tetapi, kegagalan DJI untuk menembus trend turun jangka mendeknya membuat kita sebaiknya berhati-hati.

Jadi… selama IHSG masih ditutup diatas 2500 – 2505, exit atas posisi trading saya kira masih belum perlu.  Kalau memang ada saham yang suportnya ditembus (saya kok agak memperhatikan posisi UNTR yang dibawah suport 15700)… mungkin posisi harus agak dikurangi.  Tapi.. jika terdapat kecenderungan IHSG ditutup dibawah suport tersebut.. yah.. setidaknya posisi untung (seperti BBRI)… mulai dilepas-lepas sedikit lah..

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. Emil says

    Sore Pak PeTe (Perencana Trading),
    Tertarik join FB Perencana Trading, bisa minta linknya ? Thanks.

    1. Perencana Trading says

      FB Rencana Trading.. ada sih, tapi jarang saya update karena masalah waktu. So… Kalau anda cari informasi.. mendingan ‘stay tuned’ dengan weblog ini saja.

      Terima kasih.
      Perencana Trading

Leave A Reply

Your email address will not be published.