Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

61

Selamat sore…

Ketika posisi dari Dow Jones Industrial (DJI) semakin mendekati level psikologis 10.000, orang akan bertanya-tanya: Benarkah krisis ini sudah berakhir? Apakah sekarang memang sudah bullish market? Apakah orang yang berpendapat bahwa market ini masih bearish adalah orang-orang yang keliru? Kondisi yang sama terlihat pada pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia. Mereka terlihat sangat berhati-hati. Akibatnya, IHSG yang hingga jam 15.00 terlihat stabil di sekitar resisten 2482, akhirnya turun lagi. Dilihat dari posisi terakhirnya di 15.30 di sekitar 2470, sepertinya segala macam masih bisa terjadi. IHSG masih bisa ditutup diatas resisten 2482. Akan tetapi, bukan berarti peluang untuk ditutup dibawah resisten tersebut juga sudah tertutup.

Belum terlihat saham yang menembus suport. Usaha dari saham-saham perbankan yang pagi tadi mencoba melakukan penembusan resisten (sehingga bisa mengakhiri trend turunnya) terlihat masih gagal. Hingga sore hari ini, hanya AALI yang terlihat berhasil menembus resisten di 21500 (penembusan ini membuka potensi kenaikan ke 22300 – 22500). TLKM yang tadi pagi sempat terlihat cukup ‘bersemangat’ dalam menembus resisten di 8750, akhirnya terhenti juga pada kisaran gap 8750 – 8850. BUMI malah terlihat ‘kempes’ dan diperdagangkan dalam teritori negatif.

Ketika IHSG berada di perempatan, orang sering memilih untuk menunggu sentimen yang besar dulu, sebelum akhirnya mengambil posisi. Posisi-posisi spekulatif dalam jumlah kecil (dalam jumlah yang tidak memberatkan sekiranya terpaksa dilakukan cut loss) bisa dilakukan. Semua memang masih menunggu. Apakah DJI mampu menembus resisten di 10.000, atau tidak…

Its a waiting game…

(Jika anda mau menunggu hingga menit-menit terakhir untuk positioning, perhatikan bahwa pergerakan IHSG untuk satu ‘tick’, itu maksimalnya sekitar 7 – 9 poin.  Artinya, jika pada jam 15.59.30 IHSG masih dibawah 2472, berarti (sering kali) IHSG tidak akan ditutup ditutup diatas 2482.  Vice versa.)

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. Emil says

    Sore ….
    Wah, kog kayaknya IHSG belakangan kurang ‘DOPING’ ya Pak ? heeh Staminanya uda habis waktu naikin ke 2500 sepertinya…..Jadi binggung mau prediksi pergerakan IHSG kemana karena sepertinya tidak berpengaruh ke regional maupun berita, IHSG bergerak tanpa dasar. Komoditas naik tinggi, saham2 ybs sideways. Ah cape lihat pasar Pak …..hahahahah

  2. Perencana Trading says

    Sepertinya.. pelaku pasar hati-hati. Pelaku pasar Amerika kan sepertinya juga masih ragu-ragu, apakah DJI bisa menembus 10.000 atau tidak. Ini membuat trader disini juga extra hati-hati. Terlebih.. sepertinya orang-orang lebih banyak yang betting bahwa pengumuman Kabinet nanti.. bakal membuat orang cenderung ‘Selling On News’. Cuman sialnya.. kalau market seperti ini, yang cenderung bergerak biasanya adalah saham-saham gorengan. Bukan saham-saham yang berfundamental bagus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.