Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Sell On News … (?)

104

Selamat pagi…

Tahukah anda bahwa pada pelantikan pertama SBY empat tahun lalu, IHSG terkoreksi 2 hari dulu (tanggal 20 dan 21 Oktober 2004) sebelum akhirnya bisa diselamatkan oleh pergerakan bursa regional?  Sejak pelantikan Gus Dur, euphoria pelantikan Presiden memang terkadang bisa menjadi boomerang bagi sebagian pelaku pasar.  Euphoria ini yang membuat kita harus berhati-hati hari ini, atau setidaknya, tidak terlalu kecewa jika IHSG hari ini kemudian terkoreksi.

Disisi lain.. posisi terakhir IHSG hingga kemarin masih belum bisa keluar dari kisaran konsolidasi.  Masih di perempatan.  Kisaran 2500 – 2540 terlihat sebagai kisaran pertama pergerakan IHSG, sedangkan 2482 – 2559 akan menjadi kisaran kedua.  Satu hal yang perlu diwaspadai adalah: jika IHSG terkoreksi dan menembus suport 2482, maka ini akan menjadi signal bearish jangka menengah dengan kisaran 2300 – 2350 sebagai target pertama.  Akan tetapi, penembusan atas kisaran resisten 2550 – 2560 akan ‘melanjutkan napas’ dari trend naik ke kisaran 2600 – 2650.

Dari pergerakan regional, DJI memang masih ada target dari inverted head and shoulder di 11.000 – 11.500. Akan tetapi, posisi DJI yang tengah berada dibawah resisten dari trend channel jangka pendek membuat kami sedikit khawatir.

Waspada ketika orang lain lengah‘ adalah kata kunci kita untuk perdagangan hari ini.  Ketika orang berharap banyak terhadap sentimen dari inagurasi presiden, kita harus waspada terhadap kemungkinan aksi profit taking yang bisa saja mengikuti.  Bursa regional bisa saja mengangkat harga di awal-awal perdagangan.  Akan tetapi, untuk setengah jam pertama, waspadailah munculnya pelaku pasar yang akan melakukan ‘Sell On News’ terkait dengan event ini.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading.

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.