Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Mewaspadai tekanan di sektor perbankan…*

104

Selamat pagi…

Koreksi ketika pelantikan presiden? Itu normal.  Lima tahun yang lalu juga begitu.  Yang agak berbeda, lima tahun yang lalu, Dow Jones Industrial Index (DJI) masih berada dalam trend naik yang cukup kuat sehingga bisa menolong IHSG.  Sedangkan saat ini, posisi DJI malah sedang berada di resisten.  Belum ada signal bearish dari DJI sih (DJI baru bearish jika ditutup dibawah 9884), akan tetapi, koreksi yang terjadi semalam akan membuat posisi IHSG semakin sulit.

Sejauh ini, posisi IHSG masih tertahan diatas level psikologis 2500.  Harga saham-saham terlihat masih diatas suport.  Melihat koreksi yang terjadi di bursa regional,  IHSG hari ini diperkirakan akan melakukan pengujian atas suport penting di 2482.  Dilihat dari sentimen yang ada, sepertinya sih 2482 ini masih bisa bertahan.  Tapi sebaiknya kita tidak melupakan bahwa penembusan atas suport 2482 akan mengakhiri trend naik jangka menengah dan juga jangka panjang.

Untuk pergerakan harga saham, sepertinya kita perlu untuk memfokuskan perhatian pada saham-saham sektor perbankan.

  • BMRI kemarin masih berhenti di suport 4750.  Perhatikan bahwa penembusan atas suport ini akan membuka potensi pelemahan hingga kisaran 4300 – 4500.
  • BDMN kemarin masih ditutup diatas suport 4700.  Perhatikan bahwa penembusan atas suport ini akan membuka potensi pelemahan hingga level 4300 – 4500.
  • BBCA kurang lebih juga sama.  Kisaran suport ada di 4650 – 4700, dimana penembusannya akan membuka potensi pelemahan hingga kisaran 4200 – 4450.
  • BBRI dengan suport di 7700 – 7800, dimana penembusannya akan membuka potensi penurunan ke 6800 – 7100.

Sektor perbankan adalah sektor dengan kapitalisasi terbesar di IHSG.  Harga dari saham-sahamnya tengah berada di suport level.  Dalam kondisi normal, saya sih lebih senang memberikan rekomendasi pembelian spekulatif.  Akan tetapi, karena regional masih di resisten, sudah begitu tekanan jual dari pelaku pasar asing kemarin terlihat mulai meningkat, kita sebaiknya berhati-hati.  Perhatikan bahwa potensi penurunan untuk setiap sahamnya bisa lebih dari 5%, jika suport itu ditembus.  Bisa jadi sih.. penyebabnya adalah karena pelaku pasar tidak comfortable dengan tim Ekonomi SBY.  Tapi saya tidak berani terlalu berspekulasi.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.