Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

108

Selamat sore…

Posisi penutupan IHSG sepertinya masih bisa diatas suport kedua di level 2433.  Posisi penutupan Hangseng juga masih diatas level psikologis 22.000.  Berarti, satu-satunya penunjuk bearish hanyalah pada potensi penurunan DJI ke kisaran 9680 – 9780 yang saya bicarakan tadi pagi.

Disisi lain, posisi terakhir BUMI masih dibawah suport 2650.  Jika anda memakai strategi beli ketika orang lain cut loss, posisi pembelian spekulatif menarik untuk dilakukan.  Akan tetapi, karena saya melihat potensi penurunannya hingga mencapai kisaran 2250 – 2350 (atau setidaknya ke gap 2450 – 2475), maka saya akan melihat besok.. atau menunggu signal positif baru saya akan melakukan posisi beli.  Disisi lain, banking terlihat masih berada diatas suportnya.  Dan koreksi yang terjadi pada saham-saham blue chip relatif tidak banyak.  Ini membuktikan keyakinan saya sebelumnya bahwa kejatuhan pada saham grup Bakrie pengaruhnya tidak akan banyak terhadap pergerakan IHSG.

So.. jika pertanyaan anda.. apakah saya akan melakukan posisi pembelian spekulatif sore ini?  Well.. target dari head and shoulder di 2366 – 2387 belum tercapai.  Potensi penurunan dari BUMI juga masih ada.  Dengan posisi saya saat ini yang full cash.. Saya mungkin akan melakukan queing pada ITMG dibawah level 23000….  dalam jumlah yang kecil sehingga kalau besok saya terpaksa cut loss, saya tidak menyesal.  Tapi, untuk sisanya, saya memilih untuk menunggu… siapa tahu DJI akan benar-benar mengejar target jangka pendek saya dalam waktu dekat.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.