Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Trading dengan ‘Kacamata Kuda’

117

Selamat siang…

Jika anda adalah pembaca setia weblog ini.. anda mungkin akan sedikit merasa: apaan sih ini? Masa saham yang direkomendasinyannya cuman itu-itu aja? Saham-saham saya kok nggak dibahas? Kok nggak ada (atau relatif jarang sekali) saham-saham diluar ‘List of Battlefield’ yang dibahas?

Weblog ini adalah weblog mengenai bagaimana kita bisa melakukan trading dengan terencana.  Trading yang terencana itu diantaranya:

  • Memiliki ‘area trading’ yang terdiri dari saham-saham tertentu.
  • Memiliki prediksi sendiri (after all.. kerugian kan selalu dinikmati sendiri.. mana mau orang lain yang mau menikmati kerugian anda?).
  • Menggunakan pendapat orang lain (termasuk pendapat saya dalam weblog ini) hanya sebagai referensi.  Bukan sebagai sumber dari keputusan utama dalam melakukan trading.
  • Dari saham-saham tersebut, nanti seorang trader menentukan arah pergerakan harganya, serta posisi apa yang sebaiknya diambil (beli, jual, take profit, cutloss, dsb).
  • Disiplin.  Disiplin terhadap strateginya, disiplin terhadap positioningnya.

Faktor terakhir.. yaitu DISIPLIN inilah yang kemudian membuat seorang trader bertransaksi seperti menggunakan KACAMATA KUDA.  Fokus.  Jelas.  Tegas.

Sudahkah anda melakukannya?

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

7 Comments
  1. Alhamdulillah saya sudah melakukannya, sabar menunggu ada kekuatan beli dan disiplin untuk exitnya, baik exit karena untung maupun karena rugi.
    Stockpicknya bagaimana ? terus terang saya termasuk yang ngikutin ‘list of battlefield’nya terutama ketika waktu IHSG dibikin minus lima persen dan closing cuman nol koma empat delapan persen….
    Terima kasih pak….moga ‘untung melulu’…

    1. Perencana Trading says

      Terima kasih pak.. semoga anda bisa selamat dari ‘gempa susulan’ selanjutnya.
      Happy trading, semoga untung…
      Perencana Trading

  2. […] Maka saya berusaha untuk bermain aman.  Jika anda pernah membaca tulisan saya sebelumnya: Trading dengan kaca mata kuda, maka anda dapat melihat bahwa saya selalu menyarankan agar dalam trading itu kita selalu FOKUS dan […]

  3. […] prediksi gak papa lah.. tapi kalau trading disitu.  Well.. saya memilih untuk tetap menggunakan kacamata kuda. Dan ketika saham yang diluar ‘List of Battlefield’ bergerak kemana-mana… saya […]

  4. […] melihat saham-saham blue chip yang itu-itu saja.   Hehehe… maklum… itu resiko kalau trading pake kacamata kuda.  Saham diluar saham pilihan tidak masuk ke dalam ‘radar’.   Tapi ketika saya melihat […]

  5. […] So… Trading itu adalah permainan strategi… strategi entry dan exit.   Stock pick tidaklah penting.  Karena saya lebih memilih untuk trading dengan kaca mata kuda. […]

  6. […] sekali, atau tiga bulan sekali, sudah cukup.  Selama periode itu.. saya lebih memilih untuk trading dengan kaca mata kuda.  Stock pick terutama hanya berubah, jika kita melihat bahwa sector rotation dari market, sudah […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.