Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Ketika hidup adalah sebuah pilihan…

117

Dalam kehidupan kita sehari-hari.. menentukan pilihan adalah sebuah hal yang rutin.  Sama halnya ketika kita melakukan beli jual saham.  Kita harus menentukan:

  • Apakah kita akan menjadi seorang trader atau seorang investor
  • Saham apa yang akan menjadi saham pilihan kita
  • Alat analisis apa yang kita pergunakan
  • Strategi apa yang kita lakukan untuk beli jual, positioning..
  • dan masih banyak lagi.

Saya tidak tahu apa pilihan anda… tapi saya memilih untuk menjadi trader.  Saya memilih untuk trading hanya pada saham-saham tertentu berdasarkan kriteria yang sudah saya tetapkan.  Saya memilih untuk menggunakan analisis teknikal (analisis teknikal klasik kalau boleh lebih spesifik) sebagai alat analisis.  Dan saya berusaha untuk selalu disiplin dalam melakukan segala sesuatunya, berdasarkan planning yang telah saya buat.

Pertanyaan: Apakah strategi itu adalah strategi yang paling menguntungkan?

Jawaban: Tidak.  Masih ada strategi lain yang bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih banyak.  Tapi saya selalu berusaha untuk membuat keuntungan yang cukup, keuntungan yang konsisten,  dengan kerugian yang terkontrol.

Pertanyaan: Apakah strategi itu adalah (satu-satunya) strategi yang benar?

Jawaban: Nggak juga.  Dalam 10 tahun lebih pengalaman saya, saya sudah melihat berbagai cara yang pernah digunakan orang untuk memperoleh kemenangan (secara jujur) di pasar modal.  Kalau cuman sekedar kaya dari saham-saham grup Bakrie, itu bukan barang baru.  Saya pernah kenal dengan orang yang sukses dengan menggunakan strategi ‘Supermarket’ (portfolio dengan 200+ saham).  Saya juga pernah melihat orang yang sukses dengan melakukan beli jual saham-saham grup MYRX (jika anda sudah di pasar modal lebih dari 5 tahun, anda akan tahu.. bagaimana susahnya untuk bisa memperoleh keuntungan di saham-saham ini).

Pertanyaan: Lantas.. mengapa?

Jawaban: 10 tahun terakhir, banyak sudah cara yang telah saya lihat, yang dilakukan orang untuk mencari uang di bursa saham.  Beberapa hal yang masih juga sama:

  • jika sudah melihat potensi keuntungannya, seorang investor atau trader pemula sering kali melupakan faktor keselamatannya.  Keserakahan manusia sering membuat dirinya lupa.  Seperti seekor serigala lapar yang tengah memburu seekor domba, dia akan mengejar.. mengejar mengejar.. KCKKKK!! Tiba-tiba tangan seekor beruang (bear) yang entah dari mana munculnya mencekik si Serigala.  Serigala tergeletak dengan leher yang patah.
  • seorang pemula masih memandang semua saham adalah sama.  Sehingga ketika beli dan terus nyangkut, dengan santainya ia bisa bilang: Simpan saja.. barang bagus kan bagus untuk investasi. Ding!Ding!Ding!  Bangun geh! Kalau anda nyangkutnya di disaham-saham gorengan dengan fundamental yang tidak jelas (sekarang mungkin jelas.. tapi nanti.. setahun- dua tahun lagi.. bisa saja tetap jelas.. BUSUKNYA!).  Selain itu, saya juga sudah melihat bahwa ketidakdisiplinan seorang trader, yang merubah posisi tradingnya menjadi investasi, sangat sering menjadi sumber dari malapetaka yang lebih besar.
  • seorang trader (terutama yang masuk kepasar ketika market lagi bullish) sering memandang mencari uang di pasar modal itu mudah sehingga melupakan bagaimana susahnya dia mencari uang yang digunakannya untuk trading. Kalau yang ini.. mungkin memang harus menunggu ketika market berubah menjadi bearish.  Dia akan termenung melihat isi dari portfolio yang dimilikinya.. dan di harga berapa dia dulu melakukan posisi beli.  Bearish market adalah tempat dimana terlihat perbedaan antara trader yang sekedar beruntung atau memang pintar.

Itu duit anda.  Anda bebas menghabiskannya dengan cara yang anda suka.  Tapi, jika anda memutuskan untuk menjadi seorang trader, jadilah trader yang bertanggung jawab. Milikilah ilmu dan trading skill yang cukup.  Belajarlah.  Membaca, membaca, dan membaca.  Bertransaksilah berdasarkan pendapat anda sendiri karena resiko tetap ditangan anda masing-masing.  Semua ini, agar anda tidak ditelan (dalam waktu yang sangat singkat lagi) oleh buasnya pasar modal Indonesia.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading.

4 Comments
  1. ‘Bearish market adalah tempat dimana terlihat perbedaan antara trader yang sekedar beruntung atau memang pintar’

    Saya menunggu bearish market ini pak, biar ketahuan saya ini trader yang pertama atau kedua. Yang pasti saya akan fight untuk mengamankan modal saya sembari mencari untung sepantasnya.

  2. Perencana Trading says

    Semoga anda berhasil.. semoga kita berhasil.

    Salam.
    Perencana Trading

  3. […] tulisan ini sebenarnya adalah repost dari tulisan saya setahun yang lalu, dengan perbaikan disana-sini.  Tapi… karena saya rasa masih ‘aktual’ ketika […]

  4. […] tulisan ini sebenarnya adalah repost dari tulisan saya setahun yang lalu, dengan perbaikan disana-sini.  Tapi… karena saya rasa masih ‘aktual’ ketika […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.