Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Bearish di November: Resiko Tinggi*

77

Jika anda adalah pembaca setia dari blog ini… anda pasti sudah familier dengan ulasan ‘15.45’ yang biasanya saya tulis.  Ulasan ini memang didesain sebagai panduan bagi mereka yang mau mengambil resiko.  Resiko mempertahankan posisi semalam sebagai antisipasi pergerakan harga atau indeks di keesokan harinya, bisa searah dengan posisi yang telah diambil pada sore hari.  Posisi beli berarti kita berharap besok harga bergerak naik, sedangkan posisi jual berarti kita berharap besok harga turun.

Disatu sisi, positioning di sore hari seperti ini ada manfaatnya: kita tidak perlu ‘kejar-kerjaran’ di pagi hari.  Akan tetapi, disisi yang lain, jika keliru.. ya sudah.. memang kita harus positioning, mengejar ketertinggalan kita.  Satu hal yang ingin saya sampaikan: Setidaknya kita well-prepared terhadap segala kemungkinan baik IHSG maupun pergerakan harga.  Sehingga kita bisa mengantisipasi segala perubahan dengan cepat, dan (hopefully) tepat.

Dalam sebuah buku yang pernah saya baca, seorang penulis mengatakan (sayangnya saya lupa buku yang mana, bisa Murphy, Pring, atau Maggee): Harga itu menghabiskan 2/3 waktunya untuk bergerak naik, dan 1/3 sisanya untuk turun.  Ini artinya, orang yang memprediksikan bahwa harga akan bergerak naik, memiliki probabilitas yang lebih besar untuk menjadi benar, dibandingkan dengan orang yang memprediksikan harga akan begerak turun.  Terlebih lagi… dalam 1o tahun terakhir, 9 pergerakan IHSG di bulan Desember ditutup dalam posisi naik. Saya ulangi:  Dalam 10 tahun terakhir, Pergerakan IHSG di bulan Desember memiliki probabilitas sebesar 90% untuk ditutup NAIK!

091115 IHSG Desember

Terlebih lagi, dari 9 posisi naik pada IHSG tersebut, 8 diantaranya ditutup lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tertinggi di bulan November.  Ini artinya: Jika kita berpendapat bahwa bulan Desember akan naik, maka posisi beli pada saham-saham yang pergerakannya mirip dengan pergerakan IHSG (saham-saham dengan beta sebesar 1 atau lebih), memiliki probabilitas yang sangat tinggi untuk bisa dijual di harga yang lebih tinggi (memperoleh keuntungan)!!!

Anda pasti melihat bahwa posisi saya beberapa hari terakhir terlihat cenderung bearish.  Saya memperikirakan trend naik dari Dow berakhir dan IHSG akan terus melanjutkan trend turun jangka menengahnya yang sudah dimulai semenjak bulan Oktober lalu.  Well.. at least:091115 Posisi terakhir IHSG

  • I know that the numbers is going against me.  Data statistik diatas menunjukkan bahwa prediksi bearish di bulan November, resikonya sangat tinggi.
  • Saya juga tahu bahwa IHSG saat ini masih berada dalam trend naik.  Belum ada signal bearish yang nampak.  Level 2421 memang adalah suport pertama untuk posisi IHSG terakhir.  Akan tetapi, trend naik IHSG baru berpotensi berakhir jika suport di 2408 gagal bertahan.  Saya bilang berpotensi karena trend naik IHSG baru benar-benar berakhir (terkonfirmasi) jika IHSG ditutup menembus suport di 2372.
  • Posisi saya memang kosong (100% cash).  Akan tetapi, saya sudah menetapkan kapan waktunya saya akan berbalik menjadi bullish.  Yaitu, ketika resisten IHSG di 2446 gagal bertahan.  Posisi IHSG yang sudah diatas batas bawah dari kisaran resisten 2421 – 2446 membuat saya waspada juga.  Saya mungkin akan positioning pada saham-saham berhasil menembus resisten dari konsolidasi, mengingat saham-saham ini sering memiliki potensi kenaikan yang cukup dengan potensi penurunan yang terbatas.

Saham apakah itu?

Nantikan update kami selanjutnya…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. Jupp says

    Oom … sy jg pernah baca 2/3 waktu naik, 1/3 waktu turun … kayaknya sy baca dari Gerald Appel.
    yg jd notes, sering kali 1/3 waktu turun kecepatannya jauh lebih cepat dibanding waktu naik nya …
    Terkadang malah masuk agak nya telat (tunggu konfirmasi), turun nya lebih dalem (karena ditinggal hehee) ;))
    lebih baik waspada daripada keseret kereta.

    anyway, enjoy your trading plan everyday … keep up the good work …

    1. Perencana Trading says

      Bisa jadi memang dari situ bung… hehhee.. maklum… kebanyakan baca buku… jadi sering lupa sumbernya dari mana..

      Thanks for the attention.
      Rgds,
      Perencana Trading

Leave A Reply

Your email address will not be published.