Menguji resisten…*

51

Selamat pagi…

Alhamdulillah… pagi hari ini, saya merasakan nikmatnya membuat sebuah trading plan.  Karena semua sudah dilihat kemarin sore, semua seakan sudah 90% selesai ketika saya selesai membuat CheatSheet.  Tinggal melihat posisi dari indeks Dow Jones Indutrial  (DJI) sebagai konfirmasi.  Beres.

Pagi ini semua terlihat cukup jelas.  DJI naik 1.33%, dengan posisi penutupan masih dibawah resisten dari trend channel (lihat gambar).  IHSG kemarin juga ditutup tepat dibawah trend turun jangka menengahnya.  Saham yang kemarin memperlihatkan potensi kenaikan yang cukup spektakuler hanyalah BUMI, dengan potensi kenaikan ke level 3000 (atau kita mau pakai kisaran.. 2900 – 3100).  Sisanya, kita tinggal melihat apakah saham-saham yang kemarin berada di resisten dari kisaran konsolidasi seperti AALI, LSIP, ANTM, INCO, dan PGAS, mampu menembus resistennya masing-masing.

Satu catatan dari saya: Kita sekarang berada di resisten.  Positioning dalam kondisi seperti ini adalah positioning dengan resiko tinggi. Kalaupun resisten ini mampu ditembus, berarti kita harus menggunakan strategi ‘buy high and sell higher’.  Kedua strategi ini (positioning ketika di resisten dan strategi buy high and sell higher) memiliki kesamaan: keduanya memerlukan skill untuk melakukan stoploss dengan disiplin.  Karena jika tidak, ‘ketarik’ (kerugiannya) bisa dalam.

So… IHSG hari ini sepertinya akan mixed atau flat naik.  Resisten ada di level 2475, dan suport ada di kisaran 2445 – 2450.  Jika terdapat kecenderungan untuk terjadi penembusan resisten, jangan lupa untuk positioning.  Tapi jika suport yang ditembus, mendingan ‘bersih’ (full cash) lagi deh.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. chuany says

    fitur Cheat sheet nya semakin menunjukkan pak Satrio profesional sekali, LANJUTKAN 😀

  2. Perencana Trading says

    bisa saya lihat weblog yang bisa dijadikan contoh?

Leave A Reply

Your email address will not be published.