Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

73

Selamat sore…

Hingga 15.25 tadi, posisinya sebenarnya tidak jelek-jelek amat.  Nikkei ditutup pada titik terendah baru dalam dua bulan terakhir.  Ini belum tentu signal bearish juga karena posisi terakhir Nikkei masih diatas level psikologis 9500.  Hangseng hanya ditutup sekitar 2 poin dibawah titik terendah kemarin.  Ditutup dibawah level terendah sebelumnya, dimana candle sebelumnya berbentuk spinning, adalah sebuah signal bearish.  Tapi, dengan hanya 2 poin dibawah low.. ya.. itu memang signal bearish sih… Tapi kok saya lebih senang menggunakan level 22.585 yang merupakan batas bawah dari gap sebagai konfirmasi dari reversal pada Hangseng.

Akan tetapi, posisi Rupiah yang melemah cukup banyak, sepertinya membuat pelaku pasar mulai melakukan aksi ambil untung.  Meski posisi IHSG terlihat masih aman diatas suport 2450, Hingga 15.37, saham yang tercatat berada di bawah suport level sehingga memiliki peluang untuk memberikan signal bearish adalah: ITMG, ANTM, SMGR, PTBA.  Sedangkan BMRI dan BBCA jika ditutup pada posisi bid (BMRI di 4725 dan BBCA di 4675), juga akan memberikan signal bearish.

So… anda semua mungkin tahu bahwa saya adalah orang yang termasuk golongan Ngarepturun.com.  Tapi, posisi seperti ini, posisi cut loss (kecuali jika harga saham terlihat memiliki peluang di titik reversal) sebenarnya belum perlu dilakukan.  Kalau exit atas posisi untung, mungkin memang harus dilakukan.  Akan tetapi, untuk cut loss? saya kira belum terlalu urgent.

Sore ini, saya belum full cash.  Masih ada 10% dari portfolio saya yang berbentuk saham.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

2 Comments
  1. Budi B says

    om…. perhatikan dollar index reversal…bisa jadi signal market diseluruh dunia udah waktunya turun

    1. Perencana Trading says

      masalahnya.. hehehe.. saya nggak ada data dollar indeks… data yang di http://www.netdania.com, kok saya gak pede. Besok saya coba cari ke temen yang punya bloomberg terminal deh ..

      Salam
      Perencana Trading

Leave A Reply

Your email address will not be published.