Bela diri dengan selembar koran

67

Selamat siang…

Saya sudah lupa kejadian ini terjadi tahun berapa… yang saya ingat… saya masih SD.  Ketika itu saya nonton televisi.  Channel yang ditonton masih cuman satu: TVRI.  Acaranya ‘Dunia Dalam Berita’.

Dalam berita yang saya tonton itu… seorang berkebangsaan Jepang tengah memperagakan bagimana melakukan teknik bela diri dengan menggunakan selembar kertas koran.  Bagaimana cara memukulnya, bagian mana yang harus dipukul, beberapa jurus yang penting.  Satu hal yang membekas dalam benak saya: bahaya itu selalu mengancam… kita harus bisa melakukan bela diri, meski hanya dengan alat-alat sederhana yang ada disekitar kita.

Jadi.. itulah yang berusaha saya lakukan.  Dengan weblog ini, saya berusaha memasyarakatkan cara survival di bursa dengan menggunakan alat yang sederhana: Suport dan Resisten.  Cara yang seharusnya sudah dipelajari ketika kita semua belajar analisis teknikal.  Dengan memanfaatkan suport resisten itu, seorang trader harus bisa melakukan posisi beli dan posisi jual.  Baik jual ketika untung, maupun jual ketika cut loss.

(Pada dasarnya, semua cara juga bisa digunakan.  Yang penting ada prediksi arah pegerakannya lah.. agar orang selalu tahu resiko yang dihadapi.  Disamping juga profit yang mungkin didapat).

Cara seperti ini sebenarnya bisa diaplikasikan kepada semua saham.  Tidak ada batasannya.  Mau saham blue chip kek, gorengan kek, saham big caps, mid cap, small cap, atau bahkan penny stock kek, semuanya bisa.  Akan tetapi, karena dalam pengalaman saya yang lebih dari 10 tahun malang melintang di bursa, saya sudah banyak sekali melihat orang yang jatuh, jatuh, jatuh, jatuh, jatuh, dan bangun (banyakan jatuhnya daripada bangunnya).  Maka saya berusaha untuk bermain aman.  Jika anda pernah membaca tulisan saya sebelumnya: Trading dengan kaca mata kuda, maka anda dapat melihat bahwa saya selalu menyarankan agar dalam trading itu kita selalu FOKUS dan DISIPLIN.  Perkara kita mau fokus di saham gorengan.. fokus di saham-saham suatu grup tertentu.. ah.. itu kan cuman pilihan.  Setiap orang memang berhak memilih.  Tidak pernah ada paksaan.

Play a good defense.. and profit will come at the end

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.