Bagaimana pengaruh dari kasus ‘Dubai World’?*

57

Selamat sore…

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan orang kepada saya dalam liburan ini.  Menjawab pertanyaan tersebut, mari kita perhatikan fakta berikut ini: besarnya hutang dari Dubai World Debt adalah sebesar US$ 59 miliar.  Jumlah ini bisa kita bandingkan dengan:

  • Cadangan devisa Indonesia per akhir Oktober lalu sebesar US$ 64.5 miliar.
  • Total portfolio Warren Buffet saat ini diperkirakan senilai US$56.55 miliar.
  • Jumlah dana kelolaan yang hilang ketika kasus Madoff muncul adalah sebesar US$65 miliar.

Perbandingan yang paling tepat sebenarnya dengan yang terakhir itu.  Kasus Madoff dengan uang yang ‘mungkin tidak kembali’ dalam jumlah yang lebih besar dari jumlah hutang Dubai World, ternyata tidak menimbulkan guncangan finansial yang berarti.  Terlebih lagi… coba kita lihat angka dibawah ini.. untuk memperhatikan.. siapa yang investasi disana:Jadi… nggak usah overreacted lah…

Yang saya khawatirkan adalah: jika signal bearish ini menjadi kartu domino pertama yang jatuh… yang akan menyeret rombongan kartu domino yang lebih banyak lagi.   Jika kasus Dubai World ini membuat orang menjadi lebih berhati-hati.  Jika kasus Dubai World ini membuat antusiasme orang terhadap outlook tahun 2010 menjadi berkurang… nah.. ini yang menjadi berbahaya.

So… DJI masih ditutup diatas suport 10.250.  Eropa malah ditutup naik pada pergerakan Jumat.  Yang memberikan signal mixed adalah posisi penutupan dari Hangseng.  Hangseng memang ditutup sebelum market Eropa dibuka.  Jadi, bisa jadi masih ada informasi di bursa Eropa yang belum terdiskon di bursa Hangseng.  Disisi lain, penutupan dibawah suport dari bearish raising wedge di 22000, Hangseng memiliki potensi penurunan hingga 20.000 – 20.500.  Jadi, selama indeks Hangseng masih dibawah 22000, potensi penurunan masih belum sepenuhnya hilang.

Dubai World sebenarnya bukan kasus yang besar.  Tapi, kita harus memperhatikan kedepan, apakah kasus ini bisa memicu terjadinya koreksi yang lebih besar.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

3 Comments

  1. Argha says

    thanks bos… Ini hari pertama saya masuk ke blog ini.. tiba2 ngerasa lsg dapet pencerahan ttg kasus Dubai. thanks GBU

    1. Perencana Trading says

      Sama-sama… Semoga bisa berguna…

  2. Adwin says

    suhu, ELTY denger-denger ada invest di Dubai World yah ?
    gmn tuh efeknya ? berhubung belakangan ini bursa kena combo bakrie 7 berturut-turut. apa jangan2 besok giliran elty dibantai abis-abis an ? wa kalo elty kena, biasanya panik banget ihsg (enrg n dewa aja anjlok semua kompak kena dampaknya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.