Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Hangseng dibuka naik diatas 2%*

81

Selamat pagi…

Dengan posisi indeks regional Asia yang terlihat berada di dua kutub yang berlawanan, Nikkei naik diatas 2%, sedangkan Singapore turun diatas 1% (tapi ingat loh.. Bursa Singapore di hari Jumat juga tutup), arah pergerakan Hangseng bisa jadi menjadi penentu dari arah IHSG hari ini.  Dilihat dari posisinya terakhir, Hangseng memiliki intraday resisten di 21400, dimana penembusan atas resisten ini akan membuka potensi resisten testing hingga kisaran gap 21685 – 22108.

Disatu sisi, kenaikan angka penjualan online pada Black Friday diperkirakan akan membuat Dow Futures bergerak positif selama sehari ini.  Sehingga tekanan dari bursa Amerika, sepertinya juga akan berkurang.

Kondisi ini, membuka peluang bagi IHSG untuk bergerak pada teritori positif untuk menguji resisten di 2425.  Meskipun demikian, posisi penutupan dari IHSG sepertinya masih tetap akan mixed.  Pelaku pasar akan melihat perkembangan dari penyelesaian krisis Dubai World.

Dilihat dari posisi penutupan terakhirnya, banyak sekali saham bluechip yang sudah berada pada atau setidaknya dekat dengan suport levelnya.  Disatu sisi, ini menunjukkan bahwa potensi penurunan terlihat mulai terbatas.  Akan tetapi, disisi lain, jika suport ini ditembus, akan terbuka potensi penurunan yang tidak sedikit.  Salah satu saham yang menarik karena paling terkait dengan Dubai World adalah ELTY.  Harga saham ELTY ditutup pada suport level dari pola head and shoulder dimana penembusan atas suport di 245 akan membuka potensi penurunan hingga level 225 sebagai target awal, dan kisaran 150 – 185 sebagai target optimal.  Untuk saham big caps, terdapat juga BMRI yang tengah berada di suport dari head and shoulder formation.  Penembusan atas suport di 3275 akan membuka potensi penurunan hingga kisaran 2750 – 3000.

In the mean time.. Jika IHSG benar-benar resisten testing di pagi hari, maka saya akan menggunakan posisi intraday resisten sebagai tempat untuk melakukan exit atau malah menambah posisi.  Resisten ASII ada di 32500, UNTR di 15000, dan INTP di 11000 – 11100.

IHSG masih berada dalam trend jangka menengah dengan arah turun.  Penurunan harga yang terlalu tajam adalah kesempatan untuk melakukan posisi beli.  Sedangkan ketika indeks rebound, adalah kesempatan untuk melakukan take profit.  Jika IHSG ditutup dibawah 2425 sore ini, posisi saya akan kembali ke posisi full cash.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.