Mengintip kartu lawan…(Part 1)*

71

Selamat siang…

Salah satu kegiatan yang rutin saya lakukan ketika akhir tahun adalah ‘Mengintip kartu lawan’.  Buat saya… bursa saham itu ibarat sebuah permainan kartu raksasa, dimana setiap pemain yang ada didalamnya, masing-masing memegang kartu.  Ada tiga golongan pemain:

  • Pemain retail, dimana didalamnya termasuk saya dan juga anda.
  • Pemain bandar, yaitu orang atau pihak yang dengan kelicikan dan akal busuknya akan berusaha untuk meng-corner pasar.
  • Pemain fundamental, yaitu orang atau pihak yang berusaha memenangkan pertarungan dengan menggunakan analisis fundamental.. termasuk didalamnya para fund manager reksadana, fund manager dana pensiun, hedge fund

Saya (atau kita) adalah pemain kecil… dimana kartu yang kita pegang, kecil kemungkinannya akan bisa mempengaruhi arah permainan.  Pemain bandar… saya tidak tertarik dengan apa yang ada di otak mereka.  Terlalu kotor… Buat apa saya (kita) membuang waktu untuk menyelami pola pikir dari orang yang melacurkan bursa, dan nama baik bangsa kita, untuk untuk kepentingan jangka pendek pribadinya?

Yang menarik perhatian saya adalah kartu yang dipegang oleh para pemain fundamental.  Orang-orang yang secara jujur menganalisis pergerakan nilai dari suatu saham, dengan menggunakan analisis fundamental yang benar.  Akan tetapi, tentu saja tidak mungkin kita melihat kartu mereka secara langsung.  Para pemain fundamental yang besar tidak memiliki research report yang resmi.  Kalau ditanya satu per satu… sudah pasti tidak akan ada yang mengaku.  Lagian.. mereka biasanya juga tidak punya lembaga riset sendiri.  Nah.. cara untuk mengetahui.. berapakah sebenarnya nilai yang sepantasnya dari sebuah saham.. atau mungkin juga.. arah pergerakan harga menurut para pemain fundamental ini, adalah dengan melihat kondisi dari konsesus analis fundamental.

Tulisan mengenai arah pergerakan IHSG menurut konsensus analis ini akan saya muat bersambung.. sekitar 3 – 5 tulisan, yang rencananya akan saya publikasikan mulai jam 14.00 siang hari ini, hingga nanti malam.  Semoga anda ‘sabar’ untuk mengikutinya…

Konsensus analis fundamental adalah target harga dari suatu saham, yang dihimpun dari sekelompok analis fundamental yang menganalisis.

Saya menggunakan beberapa batasan:

  • Saham dianalisis oleh 14 orang analis fundamental atau lebih.
  • Analisis yang digunakan sebagai basis penghitungan adalah analisis yang dibuat paling lama enam bulan sebelum tanggal basis penghitungan (saya menggunakan tanggal 24 November sebagai basis penghitungan).

Target harga konsensus ini dipakai sebagai perkiraan.. berapa kira-kira nilai yang sesuai bagi sebuah saham, menurut sekelompok analis fundamental.

Hasilnya dapat dilihat pada tabel di sebelah kiri ini.

Berdasarkan target harga tersebut, saya kemudian menghitung.. target IHSG konsensus.  Jadi.. jika target harga yang diperkirakan oleh para analis fundamental tersebut tercapai, maka IHSG memiliki potensi untuk bergerak Naik ke level 2610.

Dengan kata lain: Target IHSG Konsensus untuk Seluruh Analis ada di level 2610.

Hm… apa coba pengaruhnya?

Dengan posisi IHSG terakhir (per hari Jumat) di 2519.. berarti potensi kenaikan kenaikannya hanya sebesar 91 poin atau setara dengan 3.6%.  Ini artinya, jika kita melihat para analis fundamental secara rata-rata… Para analis fundamental cenderung melihat pergerakan IHSG memiliki arah flat selama tahun 2010.

Dari pengamatan saya, bisa jadi karena semua orang masih menunggu arah pergerakan dari Bursa Regional, atau mereka melihat prospek perekonomian kedepan masih gelap? Atau bisa jadi memang sentimennya memang masih kurang?  atau mereka sedang menunggu koreksi untuk berubah menjadi bullish? atau apalah… Saya juga gak tahu…

Tapi… itu kan angka rata-ratanya…  Atau titik rata-rata IHSG tahun depan.. (mereka perkirakan) ada di level 2610.  Mau tahu perkiraan titik terendah dan titik tertinggi IHSG untuk tahun depan menurut perkiraaan konsensus analis???

Ikuti terus sambungannya…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. Update terakhir… « Rencana Trading

    […] kisarannya.  Selengkapnya dapat dilihat pada ulasan ‘Mengintip kartu lawan…’ bagian pertama, bagian kedua, dan bagian ketiga.  Untuk bagian dimana saya akan membahas detail sektor apa yang […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.