Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

61

Selamat sore…

Posisi terakhir IHSG.. belum bisa dikatakan menunjukkan signal bearish.. setidaknya karena belum ada suport yang ditembus.  Bentuk dari candlesticknya sih tidak bagus.  Ada resisten di 2533, posisi open positif, sempat menembus resisten, tapi terakhir agak jauh dibawah resisten.  Dalam kondisi terbaiknya, IHSG hari ini akan ditutup sebagai doji.  Doji + false break? hehehe.. ini memang kombinasi yang ‘agak’ mematikan.  Tapi.. kalau untuk saya, selama suport di 2508 masih bertahan, naham posisi juga masih relatif aman (meskipun saya sudah memilih untuk securing profit/mengamankan untung).

Mengapa saya securing profit?

  1. Long weekend ahead.  Kalau terjadi apa-apa pada DJI nanti malam.. bisa kepikiran terus selama long weekend.  Sudah gitu.. kedepan.. banyak sekali hari libur.  Saya khawatir bahwa volume pasar tidak akan mendukung untuk saham blue chip. (kalau saham bandar lokal.. ya terserah saja…)
  2. Saya tidak terlalu suka pada posisi HSI yang berada dibawah suport dari triangle.  Posisi penutupannya masih diatas level psikologis 21000.  Tapi, penembusan suport di 21500.. membuat saya kehilangan minat.
  3. Pergerakan naik IHSG terakhir lebih didukung oleh TLKM.  TLKM saat ini sudah mencapai resisten kuat 10250 (dan sepertinya bakalan gagal tembus).  Dengan ISAT yang menunjuk ke 4100 – 4250 (karena saat ini ISAT dibawah suport 4750 – 4800), peluang penembusan TLKM sih jadi berkurang.  Saya sih curiga bahwa kenaikan TLKM hanya untuk mengamankan hajatan IPO BTN.  So.. seperti apa TLKM kedepan, (setelah hajatan BTN ini selesai?) saya kok tidak ingin terlalu bulish.  Lagian.. ASII juga berada di resisten 35300.  Mau kemana lagi sih?
  4. Saya bilang tadi pagi.. suport minyak ada di US$72.38… posisi terakhir minyak.. tipis dibawah level itu.  Saya rasa.. saya perlu berhati-hati.  Saya tidak mau menutup kemungkinan bahwa kenaikan harga minyak ini, hanya resisten testing.

So… sore ini, saya memilih untuk melakukan pasang jual di posisi offer.  Kalau laku ya sukur.. kalau nggak laku.. ya kita lihat Senin.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.