Ancaman penurunan volume…*

31

Selamat pagi…

Ketika bursa berada di akhir tahun seperti ini, ketika bursa berada di musim liburan seperti ini… yang ditakutkan seorang trader hanya satu: menurunnya volume pasar sebagai akibat dari fund manager yang mulai berlibur. Akibatnya: IHSG bergerak flat, susah naik, tapi lebih gampang turun.  Biasanya sih, kejadian ini baru dimulai menjelang Natal.  Tapi, untuk tahun ini, saya agak khawatir liburan ini muncul agak awal, dimulai dari liburan 1 Muharram kemarin.

Disisi lain, hajatan BBTN sudah lewat.  Perhatian saya hari ini lebih ke saham TLKM yang selama hajatan tersebut, terlihat diangkat untuk menjaga IHSG.  Potensi penurunan yang terlihat cukup dalam pada saham ISAT (selama masih dibawah 4800, ISAT memiliki potensi pelemahan ke 4100 – 4250), membuat perhatian saya lebih ke suport 9950 dari TLKM.  Jika ditutup dibawah suport ini, TLKM memiliki potensi koreksi setidaknya ke level 9500.

Hari ini, saya expect IHSG mixed di 2508 – 2525.  Kisaran 2480 – 2550 akan menjadi range sekunder.  Terkait dengan liburan kemarin, ada pergerakan regional sekitar -1% yang belum terdiskon oleh IHSG.  Akan tetapi, kenaikan pada harga minyak Nymex diharapkan dapat meredam potensi penurunannya.

Selain sektor telekomunikasi, saya hari ini tertarik pada UNTR, INTP, INDF, dan ASII dengan pertanyaan yang sama: Apakah saham-saham ini mampu menembus resistennya dan melanjutkan potensi kenaikannya menuju target triangle? Mari kita lihat bersama-sama.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading.

PS: Jakarta mendung dan cenderung hujan.  Mood memang tidak berpihak pada bullish hari ini.

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.