Apakah Anda Menikmati Liburan?*

30

Selamat pagi…

Besok sudah mulai libur bursa.  Pertanyaan saya pagi ini adalah: bagaimana kita mau menghabiskan libur bursa? Dengan tenang? Tanpa memikir portfolio? atau dengan perasaan was-was karena portfolio masih nyangkut?

Posisi saya sih lagi kosong.  Tidak ada barang.   Saya ingin menikmati liburan dengan tenang.

Kondisi regional relatif masih aman.  Belum ada signal bahaya.  Indeks Dow Jones Industrial semalam masih naik.  Akan tetapi, posisi penutupannya masih cukup jauh dibawah kisaran resisten 10500 – 10550.  Kenaikan ini membuat indeks di regional Asia (setidaknya Nikkei dan STI) bergerak naik.

Disisi lain, US$ sepertinya terlihat terus menguat.  Harga emas terus akan turun, setidaknya sampai US1050 per troy ounce.  Euro masih akan terus melemah.  Yang aneh adalah pergerakan harga minyak.  Sempat turun ketika penutupan market Amerika, tapi naik lagi di perdagangan Asia.  Bisa jadi orang-orang Dubai itu tidak rela harga minyak melorot sebelum mereka mendapatkan dana bail outnya… (hehehe.. bisa jadi juga enggak.. pendapat ini terlalu spekulatif… hehehe).

IHSG hari ini diperkirakan masih akan menguji resisten di kisaran 2460 – 2480.  Akan tetapi, perhatian saya lebih kepada suport di 2450.  Jika suport ini ditembus, saya kok agak khawatir bahwa koreksi bisa berlanjut hingga minggu depan.

So… Liburan panjang kedepan dan posisi IHSG di dekat resisten, membuat saya kurang bersemangat untuk positioning hari ini.  Terlebih lagi karena posisi saya kosong sejak kemarin sore.  Saya akan ‘lebih gembira’ kalau IHSG hari ini ditutup menembus suport 2450.  Biar minggu depan bisa belanja lagi.. hehehe.  Anyway… kalaupun hari ini saya positioning… saya cenderung hanya melihat Hangseng sebagai indikasi.  Kalau Hangseng kuat di atas 21200 hingga sore, mungkin saya akan mengisi portfolio barang sedikit. Penutupan HSI diatas 21200 adalah indikasi dari kenaikan lanjutan hingga 21500 – 21700.

Sementara itu dulu dari saya.

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

1 Comment

  1. Budi B says

    om…. EURO, GBP udah deket 200d support, kalo itu bertahan komoditi bertahan, index bisa naik lagi sebelum akhir tahun… support itu jebol, komoditi bisa jebol, index jebol karena reverse carry trade… let see lah. setelah kasus dubai, yunani, bank austria, dan peringatan fitch atas bank di China, gw rasa emerging market secara umum mudah lewati puncak. kalo ada rally cuma dead man party aja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.