Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Santa Claus Rally?*

85

Selamat pagi…

Sempat melemah pada pergerakan tanggal 25 Desember 2009, indeks Nikkei terlihat kembali bergerak naik pagi ini.  Kenaikan ini terlihat diikuti oleh indeks STI.

Pertanyaan di kepala saya pagi ini adalah: apakah Santa Claus Rally akan berlangsung? Apakah IHSG akan terus bergerak naik hingga pergerakan terakhir di 30 Desember? Sejauh ini sih..

  • IHSG masih dibawah suport dari kisaran konsolidasi.  Hari ini resisten ini ada di level 2496.
  • Trend jangka pendek masih naik.
  • Disisi lain, resisten di level psikologis 2500 telah berhasil menahan trend naik IHSG selama bulan Desember.
  • Kisaran resisten di 2500 – 2550 juga masih menahan trend naik IHSG selama 3 bulan terakhir.

Kedengarannya bearish? hm… tapi sebagai trader, kita harus realistis.  Selama suport di 2456 (atau setidaknya selama IHSG masih ditutup diatas level 2450), trend masih naik.  Trend masih naik, tapi potensi kenaikannya terbatas oleh resisten yang kuat.  Dalam kondisi seperti ini, posisi yang terbaik adalah posisi trading.  Posisi jangka pendek, dalam jumlah yang sekiranya kita harus exit market tiba-tiba, kerugiannya tidak membuat kita menyesal.

Saham pilihan? Dilihat dari CheatSheet tadi malam.. selama bukan saham terkait nickel, semua terlihat masih cenderung untuk resisten testing.  Selain itu, saham-saham kelompok Bakrie juga harus diwaspadai.  Jika tekanan jual kembali terjadi, bukannya tidak mungkin saham-saham ini yang akan mendorong IHSG untuk menuju teritori negatif.

Sementara itu dulu…

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.