Trend hanya berakhir jika trend itu berakhir…*

44

Selamat pagi…

Koreksi yang terjadi pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) telah membuat indeks Nikkel mengakhiri trend naiknya.  Disisi lain, indeks STI terlihat tenang-tenang saja pagi hari ini.  Koreksi tipis sih, tapi belum ada signal reversal.

Harga minyak Nymex juga terlihat masih turun.  Target jangka pendek kami di US$76 – US$76.5 masih belum disentuh.  Jadi, potensi penurunan di harga minyak masih terbuka.  Akan tetapi, harga batubara Newcastle masih tercatat mengalami kenaikan.  Yah.. anda semua pasti tahu lah, kalau IHSG tidak mungkin turun selama saham-saham batubara masih kuat.

Pertanyaanya sekarang… Apakah tekanan tersebut bisa membuat trend naik pada IHSG berakhir? Saya tidak mau terlalu berharap. Setidaknya sih, kalau kita melihat indeks regional, kuatnya STI membuat trend reversal masih belum jelas.  Masih menunggu Hangseng seperti apa.  Suport IHSG ada di 2620.  Jika suport ini ditembus, baru trend naik IHSG berakhir.  Potensi penurunannya diperkirakan akan berada di kisaran 2500 – 2550.  Trend naik ini berakhir, jika IHSG hari ini ditutup dibawah 2620.

Posisi saya saat ini siy.. almost full cash.  Artinya, saya berharap bahwa harga saham akan bergerak turun.  Saya berharap bahwa trend naik ini berakhir.  Tapi apakah trend ini berakhir?  Mungkin nanti sore baru kita bisa tahu.  Yang jelas, dari posisi harga saham-saham pada Jumat sore, indikasinya masih belum ada.  Untuk hari ini, perhatian saya ada pada PTBA dan INTP yang tengah berada di suport jangka menengah, dan UNTR yang sudah mencapai target jangka pendeknya (lihat CheatSheet edisi 18 Januari).  Jika ada suport yang ditembus pada saham-saham ini, berarti reversal pada IHSG kemungkinan besar akan terjadi karena potensi penurunan harga sahamnya terlihat tidak sedikit.

Sementara itu dulu…

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.