Ternyata… Kiyosaki juga percaya Retracement 50%

80

Selamat pagi…

Pagi ini saya sedikit ‘termenung’ membaca tulisan dari Robert Kiyosaki mengenai ‘Dead Cat‘.  Awalnya memang karena masalah ‘Dead Cat Bounce’ (kondisi dimana rebound yang terjadi pada Indeks Dow Jones Industrial/DJI saat ini hanyalah rebound sesaat, setelah itu DJI akan turun untuk membuat new low, dibawah level 6440 yang menjadi level terendah di 2009 kemarin)  itu sendiri yang ternyata saat ini banyak sekali yang mempercayainya, termasuk saya.

Akan tetapi, hal lain yang menarik dalam artikel ini adalah: ternyata Kiyosaki juga menggunakan Retracement 50% sebagai salah satu faktor penting dalam prediksinya!

Perhatikan:

One of the theorists (and writers) I follow is Richard Russell, a wise sage who is in tune with markets and the madness of crowds. He has been in the business for about 50 years, so he has the wisdom and perspective of time. Lately, he has been writing about the ‘50% Rule’ of Dow Theory. I thought I would pass it on to you because it may assist you in seeing the future of the economy, even if –like me — you do not trade in stocks.

The following is my interpretation of the ‘50% Rule’ using real numbers.

In 2002 the low of the Dow was 7,286.

In 2007 the Dow hit a high of 14,164.

The ‘50% Rule ‘number is 10,725…the halfway point between 7,286 and 14,164.

In 2007, when the market headed down and broke 10,725, professional traders who follow the Dow Theory ‘50% Rule’ knew what was going to happen next. On March 9, 2009, the crash stopped at Dow 6,547.

….

Lantas?

Trend naik sudah berakhir.  Pada DJI retracement 50%-nya yang pertama ada di 9400 – 9500.  Itu baru retracement dari trend yang paling pendek.  Untuk IHSG, rebound yang terjadi kemarin adalah rebound yang terjadi setelah IHSG menyentuh retracement 50% di sekitar level 2460.  Itu retracement dari trend yang berawal dari Oktober 2009.  Kalau trend yang berawal dari bulan Maret.. retracement 50% ada di kisaran 1950 – 2000.  Apakah level tersebut akan menjadi targetnya?

Selama IHSG masih dibawah resisten 2554, saya sih percaya bahwa kisaran tersebut adalah targetnya.  Itu sebabnya, saya tidak mau agresif.  Dan saya juga lebih senang melihat market turun sambil memegang cash.  Atau anda lebih suka melewatinya dengan memegang posisi nyangkut?

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

You might also like More from author

2 Comments

  1. harri says

    Pak Tom… mohon update chart IHSG duongs.. beserta kemungkinan target2 nya(oia… DOW juga kalu bisa… hehehehe).. tq

    1. Perencana Trading says

      bentar… kalau ada arah yang panjang.. baru saya update… kalau sekarang… masih konsolidasi… arah belum jelas… tar deh ya…

      salam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.