Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Suport testing…*

82

Selamat pagi…

Posisi penutupan dari DJI sebenarnya tidak terlalu jelek: Ditutup menembus restracement 50%, tapi hanya tipis dibawah kisaran level tertinggi di bulan Januari (10310 – 10323).  Meskipun demikian, bursa di kawasan Asia mensikapinya dengan berhati-hati.  Nikkei terlihat flat turun, STI bahkan sudah turun hampir 0,5% pagi ini.

Kenaikan yang terjadi di berbagai bursa belakangan ini, di dorong oleh pelemahan US Dollar yang menyebabkan harga minyak melambung.  Posisi dari harga minyak yang mencapai kisaran resisten US$77 – US$78 ternyata juga membuat pelaku pasar hati-hati.  Untuk harga minyak ini, saya sih lebih senang kalau ada koreksi lagi sekali ke US$72 – US$73 sebelum bergerak ke atas karena bisa membentuk sebuah inverted H&S yang bagus.  Meskipun demikian, jika minyak berhasil menembus US$78, berarti arahnya ke US$80 – US$82 untuk jangka pendek.

Dilihat dari kondisi regional dan harga minyak, sepertinya memperlihatkan peluang bagi IHSG untuk melakukan pengujian atas suportnya yang baru.  Jika hari ini IHSG berhasil ditutup diatas 2554, berarti resmi sudah resisten ini berakhir.  Setidaknya, itu akan membuat kita melupakan target di 1950 – 2000, apalagi ke 900 – 1000.  Mengenai arah ke atas.. nanti deh kita lihat… tapi yang jelas… potensi kenaikan memang sudah mulai terlihat cukup signifikan, terutama pada saham-saham komoditas. Tapi.. jika hari ini IHSG gagal ditutup diatas 2554… berarti skenario bearishnya masih jalan.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.