Akankah ‘batas atas’ tercapai?*

44

Selamat pagi…

Dari tulisan saya sebelumnya, anda pasti sudah pada tahu kalau target IHSG saya untuk jangka pendek ada di kisaran 2750 – 2825.  Kemarin, IHSG sudah ditutup diatas batas bawah dari kisaran target saya.  Pertanyaan selanjutnya adalah: Apakah trend naik yang terjadi ini, mampu membuat IHSG menyentuh batas atas (2825)?

Jika anda sudah melihat target harga dari saham-saham INCO, ANTM, BBCA, TLKM, PGAS, BUMI pada cheatsheet edisi kemarin, jawabannya sepertinya BISA. Meskipun demikian, tolong jangan lupa akan prinsip utama: BELI KETIKA MAU NAIK DAN JUAL KETIKA MAU TURUN.  Konteksnya: yah.. IHSG kan sudah ada di resisten, kalau ternyata ada suport yang ditembus, ya berarti kita sudah mulai bersiap mengenai kemungkinan terjadinya reversal.  Akan tetapi, selama reversal tersebut belum terjadi.  Ngapain kuatir? Tetap perhatikan arah pergerakan harga (target price) dari saham-saham yang sudah anda miliki, dan lakukan average up pada setiap resisten yang berhasil ditembus.

Disisi lain, trend naik dari IHSG hanya berakhir jika IHSG hari ini kembali ditutup pada kisaran gap 2689 – 2713.  Trend naik ini akan berubah menjadi turun jika IHSG ditutup dibawah batas bawah dari gap, 2689.

Hingga kemarin sore, posisi portfolio saya sudah 60%-70% barang.  Saya terus akan menambah posisi (average up) jika ada resisten yang berhasil ditembus. Average up… dengan tidak lupa menaikkan posisi stoploss.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.