Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Masih inline (sesuai) dengan prediksi kemarin sore…*

98

Selamat pagi…

Pagi ini, ulasan ‘Selamat Pagi’ ini terpaksa hadir agak siangan.  Saya soale mau benar-benar nunggu sampai Hangseng-nya buka baru mengambil ‘stands’ (posisi pendapat.  Masalahnya, koreksi DJI memberikan candle yang kurang bagus, akan tetapi, regional asia yang sudah buka di pagi hari (Nikkei dan STI) malah flat naik karena koreksi DJI dianggap tidak besar.  Nah.. ketika HSI sudah mulai (dan langsung terkoreksi signifikan)… baru terlihat arah sebenarnya dari bursa regional.

Disisi lain, kondisi ini sebenarnya sesuai dengan prediksi saya kemarin sore: Regional arahnya bearish, tapi IHSG masih ditutup dengan signal positif.  Pertanyaan kita pagi hari ini adalah: Apakah IHSG kemudian akan berbalik (kembali menjadi negatif) mengikuti arah dari regioal?

Itu yang harus kita lihat sama-sama.  IHSG juga masih belum tentu turun.  Bisa jadi IHSG malah cuman flat pada kisaran 2745 – 2780.  Yang jelas.. suport pertama saya ada di 2745 – 2750.  Jika IHSG ditutup dibawah suport ini, saya akan exit market lagi.  Bersih barang.  Posisi setengah yang saya ambil kemarin, kemungkinan besar akan saya lepas lagi.

Ketika trend naik sudah berlangsung terlalu lama, resiko memang menjadi semakin tinggi.  Ini yang membuat saya extra hati-hati dalam melakukan positioning.  Fail to cut the losses short adalah kesalahan yang tidak mau saya lakukan.  Oleh sebab itu, saya memang selalu memasang posisi stoploss yang dekat untuk setiap positioning yang saya lakukan.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

5 Comments
  1. Djaya says

    Selamat siang pa Tomy,

    Kalo dibilang, mengambil “posisi stoploss yang dekat”, maksudnya dari ” 1,2 ato 3 point turun” atau prosentase misl.2% untuk stoploss.

    Tks.
    Salam,Djaya.

    1. Perencana Trading says

      Stoploss saya biasanya 3 – 5 poin dibawah suport pertama.

      Tx.

      1. Perencana Trading says

        itu tadi kalau saham. Tapi kalau IHSG… biasanya posisi close diatas 5-10 poin dibawah suport (sekitar segitu deh).

        rgds,
        Tommy

    2. Perencana Trading says

      Pak Djaya….

      Anda bisa juga melihat dalam tulisan saya Menghitung Potensi Keuntungan dalam Persen.

      Terima kasih.

    3. Satrio Utomo Purnomo says

      Stoploss dekat itu… paling 3-5 poin turun sudah lepas pak….

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.