Menguat? hm….*

37

Selamat pagi…

Indeks Dow Jones Industrial memang menguat lebih dari 1%.. akan tetapi, posisi penutupannya terakhir, masih dibawah resisten dari kisaran flat 10975 – 11190.  Ini artinya: meski ditutup menguat, DJI masih bisa menunjukkan signal positif karena potensi kenaikannya masih belum jelas.  Fakta inilah yang sepertinya membuat indeks STI masih berkutat dibawah kisaran resisten 2950 – 2955.

So…

Melihat kondisi seperti ini.. kalaupun IHSG naik, maka sebenarnya hanya memberikan kesempatan untuk melakukan posisi jual pada harga yang lebih tinggi.  Atau setidaknya… positioning sebaiknya hanya dilakukan jika terdapat signal positif dalam pergerakan harga.  Jangan terlalu bersemangat lah… Maklum.. hingga posisi penutupan kemarin, beberapa saham memang masih memberikan signal bearish dengan ditutup lebih rendah dari titik terendah sehari sebelumnya.

Pergerakan IHSG kemarin terlihat memunculkan candlestick berbentuk spinning.  Jika digabung dengan candle sebelumnya, bisa juga jadi harami sih.  Ini artinya: kisaran 2950 – 2982 tetap akan menjadi kisaran IHSG hari ini.  Tapi, jika IHSG ditutup dibawah 2950, maka akan muncul candlestick berbentuk harami tersebut akan terkonfirmasi, dan ini akan menjadi signal bearish untuk jangka pendek.

Today’s keyword: Jangan terlalu bersemangat.  Positioning sebaiknya hanya dilakukan jika terdapat signal positif.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.