Disiplin…*

50

Selamat pagi…

Posisi penutupan dari indeks Dow Jones Industrial (DJI) sebenarnya masih diatas suport 10500.  Akan tetapi, regional Asia terlihat tertekan karena koreksi tersebut terjadi diluar perkiraan.

Kisaran utama IHSG hari ini ada di level 2818 – 2865.  Jika suport di 2818 ditembus, maka IHSG akan kembali retest suport di 2788.  Dan jika suport ini ditembus, berarti IHSG akan retest low ke 2700 – 2720.

Kemarin sore.. saya positioning dengan harapan IHSG akan ditutup diatas resisten 2840.  Tapi, pada menit-menit terakhir, saya terpaksa mengurangi lagi posisi (belum sepenuhnya full cash siy) karena saya melihat peluang IHSG untuk ditutup diatas resisten 2840 terlihat sangat kecil.  Dan ternyata IHSG gagal ditutup diatas resisten tersebut. Nah sekarang… dengan kondisi regional yang seperti itu, maka saya hanya tinggal melihat stoploss saya: Apakah IHSG akan memiliki peluang untuk ditutup dibawah 2818? Jika iya.. berarti saya harus disiplin untuk melakukan exit posisi.

Positioning?  Jika suport di 2818 ditembus, saya hanya tertarik untuk positioning ketika IHSG berada di kisaran 2700 – 2720.  Itupun dengan syarat, bahwa di regional Asia atau Eropa, terdapat signal positif.  Jika tidak, saya akan tetap ‘duduk manis’ dalam posisi full cash.

Happy trading.. semoga untung!!!

Perencana Trading.

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

PS: Sehungan dengan masalah teknis.. “Chatroom’ hari ini agak terlambat buka.  Saya baru bisa menemani anda sekitar jam 10.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.