Pesta ‘Window Dressing’ sudah usai…*

29

Selamat pagi…

Kenaikan yang terjadi dalam seminggu terakhir, sepertinya memang window dressing, terutama dari saham-saham yang baru saja IPO.  Bisa dilihat bahwa saham-saham IPO di 1H10 ini, kemarin berada di kisaran tinggi.  IHSG naik tapi ditengah bursa regional yang terus melemah.  Akan tetapi, apakah sinyalir itu benar? Kalau IHSG hari ini melemah mengikuti regional… ya.. berarti sinyalemen itu kemungkinan besar ‘Benar’.

Kemarin, saya memang agak khawatir bahwa closing IHSG kemarin memang terlalu tinggi.  Dengan target 2800 – 2850 kemudian 2900 – 2950 yang saya setting pada tanggal 25 Juni lalu, kedua target tersebut memang sudah langsung tercapai dalam satu hari perdangangan.  Saya sih berharap bahwa hari ini bisa naik lagi agar bentuk dari chart-nya bisa terlihat bagus.  Akan tetapi, jika suport di 2890 ditembus, saya harus realistis.  Kita sudah memulai wave 3 turun seperti yang terlihat dalam gambar tersebut.

So… dengan indeks Dow Jones Industrial yang ditutup di titik terendah semenjak November (dengan potensi penurunan yang cukup signifikan tentu saja), rasa-rasanya sulit bagi IHSG untuk bisa terus melawan trend yang tengah berlangsung di bursa regional.  Jika anda ingin tahu: di level berapa kita mau belanja dan saham apa yang sebaiknya anda beli, anda bisa ngintip di CheatSheet edisi tanggal 30 Juni.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.